Pasca Keputusan FIFA, Ketum PSSI Erick Thohir Siap Bikin Peta Biru Transformasi Sepakbola Indonesia

oleh -0 Dilihat
Ketum PSSI Erick Thohir. (Foto: Sekretariat Presiden RI)

Pacitanku.com, JAKARTA – Presiden RI  Joko Widodo menginstruksikan dua hal kepada Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, Jumat (31/3/2023), di Istana Merdeka, Jakarta.

Instruksi tersebut disampaikan Presiden setelah menerima surat dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terkait keputusan pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia Sepak Bola U-20 2023 di Indonesia.

“Alhamdulillah saya sudah bertemu dengan Bapak Presiden, melaporkan secara detail daripada hasil meeting Presiden FIFA dengan saya di Doha kemarin. Saya membawa surat dari Presiden FIFA yang saya langsung berikan kepada Bapak Presiden. Dan tentunya setelah membaca surat tersebut Bapak Presiden menginstruksikan saya dua hal,” ujar Erick dalam keterangan pers usai pertemuan.

Instruksi pertama, kata Erick, adalah agar PSSI segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Instruksi tersebut juga telah disampaikan Presiden saat usai terpilih menjadi Ketum PSSI Erick bersama para komite eksekutif (exco) PSSI menemui Presiden Jokowi.

“Bapak Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera disampaikan kepada FIFA,”kata dia.

Yang kedua, Presiden meminta Erick Thohir untuk segera membuka pembicaraan kembali dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian keluarga besar FIFA. Menurut Erick, Presiden tidak ingin Indonesia dikucilkan dari ekosistem persebakbolaan dunia.

Erick menegaskan akan segera menindaklanjuti dua instruksi Presiden tersebut.

“Saya tentu akan berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia ini terjadi, bukan wacana tapi benar-benar terjadi. Dan saya juga akan bekerja keras untuk kembali bernegosiasi kepada FIFA untuk menghindari sanksi yang bisa terjadi,”jelas dia.

Lebih lanjut, Erick  mengatakan, saat ini FIFA sedang mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia. Erick pun mengaku siap untuk kembali memenuhi undangan FIFA.

“Saya sedang menunggu undangan kembali dari FIFA setelah mereka ada rapat FIFA Council yang akan terjadi beberapa hari ke depan. Dan, saya tentu bersiap untuk kembali bertemu FIFA,”pungkasnya.