BPBD Pacitan Mulai Siapkan Sejumlah Langkah Hadapi Musim Kemarau

oleh -Dibaca 362 kali
Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan mulai menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi musim kemarau yang diprediksi segera akan terjadi di Pacitan. Namun demikian, BPBD belum bisa memastikan kapan musim kemarau akan tiba.

“Sebenarnya, arah pergerakan angin itu sudah menunjukkan bahwa kita sudah menunjukkan musim kemarau sebenarnya tapi beberapa hari yang lalu ada peringatan dari BMKG kaitannya rosby itu lagi, jadi kita belum kita memastikan,”kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko, Sabtu (1/4/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Erwin ini mengungkapkan prediksi dari BMKG pada tahun ini akan terjadi kemarau kering dengan jangka waktu yang cukup lama.

Untuk mempersiapkan kondisi tersebut, pria yang juga mantan Camat Tulakan dan Tegalombo ini mengatakan jajarannya sudah melakukan upaya, baik dari sisi pendanaan maupun kedaruratan.

“Ini sudah baik tingkat provinsi maupun kabupaten sudah persiapan, kita sudah matur ke Sekda selaku ex officio, apa namanya untuk BTT juga sudah dipersiapan, juga kami sudah koordinasi dengan provinsi yang kedaruratan,”jelas dia.

Terkait kedaruratan, Erwin mengatakan jajarannya sudah mengajukan sejumlah peralatan seperti jirigen, ember dan tandon air.

“Kita sudah mengajukan permohonan sesuai kuota kami, dasarnya  yaitu peta kekeringan di Kabupaten Pacitan juga sudah kita usulkan di bulan kemarin,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.