DPRD Minta Dinkes Gerak Cepat Atasi Kasus Leptospirosis yang Renggut Nyawa Warga

oleh -0 Dilihat
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITANDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk bergerak cepat mengatasi wabah leptospirosis yang mulai mewabah di Pacitan.

“Terkait dengan wabah leptospirosis yang terjadi di Pacitan, dan bahkan telah merenggut nyawa beberapa pasien, ya kami mengharapkan Dinas Kesehatan bergerak cepat,”kata Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono saat ditemui awak media, Kamis (2/3/2023) di Pacitan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Ronny ini mengatakan saat ini salah satu yang terpenting perlu dilakukan oleh Dinkes adalah terkait upaya pencegahan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira melalui urin hewan tersebut.

“Yang terpenting adalah pencegahan penyakit itu sendiri, agar masyarakat mewaspadai terkait dengan adanya wabah tersebut,”ujar dia.

Sebagai informasi, kasus leptospirosis di Pacitan terus meluas, hingga angka 203 kasus penderita kumulatif dari bulan Januari hingga Februari 2023. Dimana berdasarkan data dari Dinkes, ada 83 warga yang dinyatakan positif terjangket leptospirosis.

Puluhan warga terjangkit leptospirosis itu menyebar di sejumlah kecamatan, seperti Kebonagung, Tulakan, Arjosari, Ngadirojo, Tegalombo, Nawangan dan Sudimoro.

Adapun jumlah kasus tertinggi tercatat di wilayah Puskesmas Bubakan Tulakan dengan jumlah penderita sebanyak 35 orang.

Sementara total kematian akibat leptospirosis ini sebanyak 6 kasus, atau meningkat dibanding pekan lalu sebanyak 3 kasus.

No More Posts Available.

No more pages to load.