Gelar Projofest, SMK PGRI Donorojo Kenalkan Konsep Sekolah Wisata

oleh -10 Dilihat
PROJOFEST. SMK PGRI Donorojo menggelar Projofest untuk memperingati 49 tahun sekolah dengan konsep sekolah wisata pada Minggu (26/2/2023). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Donorojo menggelar festival bertajuk “PROJOFEST” dalam rangka memperingati ulang tahun sekolah ke 49.

Dalam kegiatan yang digelar pada Minggu (26/2/2023) itu, SMK PGRI Donorojo juga menghadirkan sejumlah elemen, tidak hanya civitas academika internal melainkan juga berbagai lapisan masyarakat dari berbagai instansi seperti TK, SD, SMP, serta organisasi lain.

Mulai dari kegiatan jalan sehat, pentas musik, pameran, bazaar UMKM loka, temu alumni, hingga pentas seni reog meramaikan festival yang baru digelar pertama kali ini.

“Kami memang mencoba membuat sebuah kegiatan dengan nama PROJOFEST 2023 (PGRI Donorojo Festival) yang berisikan banyak kegiatan, dengan salah satu tujuannya menjadikan SMK dengan basis wisata, oleh karena itu kami selenggarakan acara ini dengan mengundang adik-adik dari mulai TK sampai SMP serta masyarakat umum untuk ikut datang berkunjung ke SMK,”kata Kepala SMK PGRI Donorojo, Jemi Darmawan pada Minggu (26/2/2023).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Jemi ini menambahkan, konsep Sekolah berbasis Wisata yang ingin dikembangkannya adalah sekolah yang bisa menjadi tempat wisata dengan kegiatan atau event yang dilaksanakan.

Jemi menuturkan kegiatan itu mengkolaborasikan program-program yang sudah ada, daiantaranya program Sekolah Penggerak UMKM dan Sekolah Mitra Desa, dimana UMKM atau Pemerintah desa yang menghendaki pelatihan akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

“Kita ingin membangun ekosistem komunitas bahwa sekolah itu menyenangkan untuk semua kalangan, tidak terbatas civitas academika internal, melainkan masyarakat umum juga,”jelas dia.

Selain itu, Jemi mengungkapkan PROJOFEST 2023 ini sejatinya menjadi pilot project yang akan dievaluasi di  kegiatan-kegiatan selanjutnya. Salah satu rentetannya adalah jalan di depan sekolah akan dijadikan tempat Car Free Day yang akan dilaksanakan sebulan sekali untuk wadah UMKM lokal Donorojo.

Selain murni dikerjakan langsung oleh para siswa yang tergabung dalam Proganizer, acara PROJOFEST ini juga didukung oleh para alumni yang memberikan banyak dukungan baik materi maupun non materi, seperti para pemain musik yang ternyata diisi oleh para alumni.

“Kami kedatangan juga dari PALAS (Paguyuban Lintas Alumni) SMK PGRI Pacitan yang memberikan banyak sekali dukungan, dan menanggapi kegiatan ini dengan sangat positif. Yang biasanya kontakan via medsos, kali ini diberikan ruang acara khusus untuk para aalumni. Dan yang terpenting kerjasama anatara sekolah dengan para alumni untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya,”imbuh Jemi.

PALAS SMK PGRI Donorojo sendiri diwakili oleh Siswandi, alumni tahun 94. Siwandi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan wadah temu alumni dengan sangat baik.

“Yang pertama kami ucapkan selamat ulang tahun bagi SMK PGRI Donorojo yang ke 49. Kedua semoga SMK Projo yang dulu pernah kami tempati untuk mencari ilmu, semakin berkibar dan dipercaya oleh masyarakat luas,”kata Siswandi.

“Kemudian kerjasama antara alumni dan sekolah supaya tetap berkesinambungan. Terakhir, acaranya (ProjoFest 2023) keren, bagus dan semoga tahun depan diadakan dengan konsep yang lebih mantap lagi, dan bisa kerjasama juga dengan para alumni,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.