Selamat, Festival Rontek Pacitan Masuk Kharisma Event Nusantara 2023

oleh -36 Dilihat
FESTIVAL RONTEK PACITAN. Launching Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 yang digelar di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu 928/1/2023). (Foto: Dok. Youtube Kemenparekraf RI)

Pacitanku.com, JAKARTAFestival Rontek Pacitan akhirnya sukses masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023.

Setelah melalui perjuangan dan kurasi cukup panjang, salah satu festival budaya terbesar di Pacitan ini masuk bersama 109 event lainnya di seluruh Indonesia. Adapun total KEN 2023 adalah 110 event darii 34 provinsi.

Bagi Pacitan, ini adalah sejarah baru dimana event budaya Pacitan untuk pertama kalinya masuk ke dalam event nasional bertajuk KEN.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya secara virtual dalam peluncuran KEN 2023 mengatakan tahun ini menjadi waktu yang sangat baik untuk bangkit dan menggenjot sekencang-kencangnya pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia.

“Tahun ini akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia,” ujarnya dalam peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 yang disampaikan secara virtual, di Teater IMAX Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu 928/1/2023).

Baca juga: Mantap, Tiga Event Budaya Pacitan Masuk Kalender Wisata Jatim 2023, dari Bulan Ndadari Hingga Ronthek

Pemerintah juga telah meluncurkan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk mengajak lebih banyak anggota masyarakat berwisata di dalam negeri, sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan wisatawan nusantara (wisnus).

PENYAJI TERBAIK. Grup Ronthek Kecamatan Bandar meraih predikat penyaji terbaik bersama Pringkuku dan Ngadirojo dalam Festival Ronthek Pacitan 2022. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Untuk itu, lanjutnya, diperlukan kolaborasi dan kerja sama guna memperbaiki kualitas destinasi, memperbanyak atraksi dan event-event yang menarik, menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya saing.

“Tahun ini terdapat 110 KEN dan 65 event sport, music, dan creative event calender dari seluruh Indonesia yang akan jadi magnet untuk tarik sebanyak-banyaknya kunjungan wisnus dan wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang dan menikmati keunikan pariwisata di seluruh penjuru tanah air,” ungkap Presiden.

Dengan spirit keberlanjutan, event-event ini dinilai bakal menjadi promosi untuk meningkatkan pariwisata Indonesia di mata wisnus dan wisman.

“Saya yakin dengan berbagai upaya yang telah kita lakukan, pembenahan fasilitas dan infrastruktur pariwisata, kemudahan transportasi dan konektivitas, kesiapan SDM dan akomodasi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit dan pulih lebih kuat. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya luncurkan KEN 2023 hari ini,” kata Jokowi.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan bahwa KEN ini merangkum 110 event unggulan dan merupakan hasil kurasi dari hampir 300 event yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi.

Sandiaga juga mengatakan bahwa ada 10 event terbaik dari 34 provinsi di Indonesia yang akan hadir di acara Kharisma Event Nusantara. Sandiaga mengatakan bahwa hal ini juga bertujuan untuk mempromosikan KEN ke dalam lingkup Bangga Berwisata di Indonesia.

Dalam acara KEN tahun ini, Sandiaga memaparkan bahwa akan ada enam area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event, hingga pameran produk UMKM. Proses kurasi pun sudah dilakukan sejak akhir tahun lalu dengan melibatkan 8 profesional yang ahli di bidang masing-masing.

“Ada 6 area aktivasi interaktif mulai dari seni dan budaya, mini event sampai juga pameran produk UMKM, boga, kriya dan wastra. Boga ini sering disebut kuliner, tapi akhir-akhir ini banyak yang menyebut boga,” terang Sandiaga.

“Proses kurasi KEN dilakukan dari November sampai Desember 2022, melibatkan 8 profesional dari tentunya ahli di bidang masing-masing. Saya berharap kita dapat meningkatkan kualitas dari event-nya menjadi daya tarik wisata di daerah, membuka peluang usaha dan menggeliatkan ekonomi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kharisma Event Nusantara (KEN) sendiri merupakan sebuah strategi kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Daerah juga seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pada tahun 2022, Kemenparekraf diketahui menerima 319 usulan kegiatan dari 34 provinsi yang kemudian dikurasi pada tahap I dan tahap II. Dari 319 usulan, 171 kegiatan pun kemudian melakukan presentasi di hadapan kurator hingga akhirnya terpilih 110 KEN 2023 dengan kategori TOP 10 KEN dan 100 kegiatan KEN 2023 dari 34 provinsi.

Festival Ronthek Pacitan Diharapkan Mampu Promosikan Budaya Daerah

No More Posts Available.

No more pages to load.