Mantap, Tiga Event Budaya Pacitan Masuk Kalender Wisata Jatim 2023, dari Bulan Ndadari Hingga Ronthek

oleh -Dibaca 224 kali
Kalender wisata Jatim 2023. (Foto: Disbudpar Jatim)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meluncurkan kalender wisata Jawa Timur tahun 2023. Ratusan event dari seluruh Kabupaten/Kota di Jatim masuk ke dalam kalender wisata tahun 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono dalam keterangannya mengatakan di Jatim ada lebih kurang 1316 Daya Tarik Wisata (DTW) tersebar di 38 Kabupaten dan Kota, terdiri dari wisata alam, wisata budaya, wisata buatan, wisata petualangan, desa dan kampung wisata, wisata sejarah dan kuliner.

“Selain Daya Tarik wisata tersebut, Jawa Timur juga memiliki ratusan event/kegiatan seni budaya dan pariwisata yang diselenggarakan sepanjang tahun 2023. Pada tahun 2023 terdapat lebih kurang 250 event akan diselenggarakan di Jawa Timur, dan 9 event diantaranya terpilih mengikuti kurasi program Karisma Event Nusantara (KEN),”jelasnya.

Adapun empat diantaranya adalah event yang digelar di Kabupaten Pacitan. Dari empat event di Pacitan itu, tiga diantaranya adalah event budaya di Pacitan yang masuk kalender wisata Jatim.

Event pertama dari Pacitan yang masuk kalender wisata Jatim adalah event upacara adat Ceprotan yang digelar pada Senin 29 Mei 2023 mendatang.

MERIAH. Upacara adat Ceprotan yang digelar pada Senin (13/6/2022) di Desa Sekar Donorojo Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Ceprotan merupakan tradisi turun-temurun yang ada di Desa Sekar, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Tradisi ini dalam pelaksanaannya berupa kegiatan bersih desa untuk mengenang Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun, para pendahulu yang diyakini berperan penting dalam terbentuknya Desa Sekar.

Kegiatan inti dari tradisi Ceprotan cukup unik, yakni adanya aktivitas perang kelapa muda antara dua kelompok berlainan. Aktivitas ini tidak muncul begitu saja. Ada dasar historis dan budaya yang dipegang teguh oleh masyarakat Desa Sekar sehingga tradisi Ceprotan masih terus dilaksanakan sampai sekarang.

Selanjutnya, event kedua yang masuk kalender wisata Jatim dari Pacitana dalah Pacitan Sport Fun 2023 yang digelar pada 30 Oktober 2023 mendatang. Adapyn, Sport Fun Festival 2023 adalah event multi olahraga perpaduan antara olahraga masyarakat dengan olahraga petualangan dan tantangan serta taourism.

Di selenggarakan untuk membudayakan semangat dan kesadaran tentang pentingnya berolahraga kepada masyarakat luas, termasuk sosialisasi olahraga petualangan dan tantangan serta meningkatkan kunjungan pariwisata.

Semarak Pacitan Sport Fun 2019. (Foto: Tutuk/Disparpora)

Event ini adalah acara sekala Nasional dan Internasional, dengan menghadirkan para peserta dari berbagai Negara, terutama untuk surfing, paralayang dan Fun Run.

Event ketiga dari Pacitan yang masuk kalender wisata Jatim adalah Pentas Bulan Ndadari (PBN) adalah sebuah Festival Seni Pertunjukan untuk Anak, yang diselenggarakan oleh LKP Seni Pradapa Loka Bhakti (PLB) Pacitan pada 3 November 2023 mendatang.

PBN menampilkan karya-karya asli yang tercipta di PLB dan beberapa kelompok seni yang ada di Pacitan bahkan beberapa ada yang dari luar kota Pacitan. Karya yang akan dipertontonkan adalah karya yang cenderung dengan nuansa anak-anak (oleh dan untuk anak) sebagai upaya untuk menjadi wadah untuk ekspresi dan eksistensi Festival Seni untuk Anak.

Tarian dalam pentas bulan Ndadari 3 Pradapa Loka Bhakti. (Foto: Pradapa Loka Bhakti)
Tarian dalam pentas bulan Ndadari 3 Pradapa Loka Bhakti. (Foto: Pradapa Loka Bhakti)

Selain itu PBN juga menjadi wadah terbuka untuk kesenian tradisional, kreasi, bahkan kontemporer. Acara ini telah 6 kali terselenggara, yakni di tahun 2013, 2014, 2015, 2017, 2019, dan 2021 dengan bentuk sebuah festival seni pertunjukan tari dan musik di panggung terbuka yang terletak di tengah-tengah alam pedesaan.

Kemudian event terakhir atau keempat dari Pacitan yang masuk kalender wisata Jatim 2023 adalah Festival Ronthek Pacitan yang akan digelar pada 17 hingga 19 November 2023 mendatang.

SEMARAK. Grup ronthek Kebonagung menyemarakkan tampilan Festival Ronthek Gedhen tahun 2022. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Festival Ronthek adalah sajian seni budaya asli Pacitan yang digelar sejak tahun 2011 lalu dan terakhir digelar pada Desember 2022 ini. Sajian music dari bambu yang dipukul mengalunkan irama indah menjadi ciri khas dari Ronthek ini yang tentu akan menghadirkan hiburan menarik untuk masyarakat Pacitan dan Jawa Timur.

Event Pacitan yang masuk Kalender Wisata Jatim 2023

NoNama EventJenisWaktu PelaksanaanTempat
1Upacara Adat CeprotanBudaya29 Mei 2023Lapangan Desa Sekar, Kecamatan Donorojo, Pacitan
2Pacitan Spot FunOlahraga30 Oktober 2023Pantai Pancer Pacitan
3Pentas Bulan Ndadari 7Budaya3 November 2023Lapangan Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku, Pacitan
4Festival RonthekBudaya17-19 November 2023Alun-alun Pacitan

Video Festival Ronthek Pacitan Diharapkan Mampu Promosikan Budaya Daerah