Ini Persiapan Pemkab Pacitan Sukseskan Event Hari Jadi Pacitan ke-278 Tahun 2023

oleh -Dibaca 101 kali
Logo Hari Jadi Pacitan ke 278 tahun 2023

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mulai mempersiapkan event peringatan Hari Jadi Pacitan (Hajatan) ke-278 pada bulan Februari 2023 mendatang. Salah satu yang mulai dilakukan adalah menyosialisasikan logo Hajatan ke-278 melalui kanal-kanal media sosial milik Pemkab Pacitan.

Mengutip dari laman Instagram Pemkab Pacitan, pada tahun ini Hajatan mengambil tema “Nyawiji Pacitan Mukti.”

Dalam video teaser pendek tersebut, agenda puncak Hajatan masih akan dilangsungkan seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni pada 19 Februari.

Namun demikian rangkaian agenda Hajatan ke-278 masih belum disosialisasikan kepada masyarakat.

Hal itu juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan Turmudi.

“Ini (Kamis) kita mau rapatkan kembali kita coba kita upayakan kita sampaikan lagi, menyangkut event semuanya, ada berapa hari berapa malam (rangkaian hajatan) belum ada kesepakatan dengan dewan kesenian termasuk OPD terkait,”kata Turmudi saat ditemui awak media pada Rabu (25/1/2023) di Pacitan.

Meski belum disosialisasikan karena masih dirapatkan, sejumlah agenda menyemarakkan hajatan juga mulai disosialisasikan, seperti kegiatan Pacitan Mountain Bike Adventure edisi ke-5 yang digelar pada Minggu (5/2/2023) dengan start dari Desa Ngadirejan Pirngkuku dan finish di Pantai Pancer Dorr Pacitan.

Lebih lanjut, Turmudi juga mengungkapkan untuk ikon hajatan belum disampaikan karena masih dalam proses rembug dan rapat.

“Ikon belum ada, teman-teman masih berembug, kalau (tahun 2022) kemarin itu kan (ikonnya) jatayu,”ujar Turmudi.

Sebelumnya diketahui saat momen Hajatan tahun 2022, ada latar belakang burung garuda bernama Jatayu.

Simbol tersebut menjadi latar belakang utama saat Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji duduk di panggung utama Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu (19/2/2022).

BURUNG JATAYU IKON HAJATAN ke-277. Simbol burug jatayu menjadi latar belakang utama saat Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji duduk di panggung utama Pendopo Kabupaten Pacitan pada Sabtu (19/2/2022). (Foto: YOS for Pacitanku)

Simbol burung Jatayu yang ditampilkan dalam gelaran prosesi Hari Jadi Pacitan tersebut berwarna keemasan, lengkap dengan sayap yang mengembang.

Budayawan Pacitan Djohan Perwiranto mengungkapkan Jatayu adalah simbol kejayaan, seperti yang dipakai Kerajaan Majapahit pada masanya.

“Jatayu itu adalah simbol kejayaan, Kerajaan Majapahit dulu simbolnya Jatayu, dan karena dalam sejarahnya, Pacitan melu (ikut-red) Kerajaan Majapahit itu ratusan tahun, ikut Solo (Keraton Surakarta) 5 tahun, ikut Jogja (Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat) 5 tahun, pernah juga ikut Panjalu (Kediri, red),”kata Johan saat itu.

Gelaran puncak Hajatan tahun 2022 lalu juga semakin meriah dengan diahdiri oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

No More Posts Available.

No more pages to load.