Beri Kenyamanan Pengunjung, Pemkab Terus Upayakan Perbaiki Infrastruktur di Kawasan Wisata

oleh -Dibaca 92 kali
Suasana Pantai Pancer Dorr saat sore hari. (Foto: Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan terus berupaya memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang akan menikmati wisata di sejumlah destinasi yang dikelola Pemkab Pacitan. Salah satu upayanya adalah dengan terus memperbaiki sejumlah infrastruktur penunjang wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan Turmudi dalam keterangannya kepada awak media, Rabu (25/1/2023) di Pacitan menuturkan sejumlah infrastruktur yang saat ini terus diupayakan diperbaiki diantaranya akses jalan menuju ke Pantai Pancer Dorr.

Pada akhir tahun 2022 lalu, Pemkab telah membuat paving block di akses jalan Pancer Dorr dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,9 miliar.

“Itu (Paving block) kan tahun 2022, dan harus dilanjutkan kembali, jalan sampingnya di barat sampai pos itu akan kita tinggikan, sebab kalau ada air masih menggenang,”ujar dia.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya genangan seperti beberapa waktu yang lalu, Turmudi mengatakan Pemkab akan membangun saluran dari sisi barat sampai ke timur.

Kadisparbudpora Pacitan Turmudi. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

“Kita upayakan kita bangun saluran kembali dari barat ke timur, kalau bisa kita upayakan, jangan sampai ketika ramai wisatawan, malah ada masalah (genangan) air,”jelasnya.

Namun demikian, Turmudi belum bisa merinci kebutuhan biaya untuk pembangunan infrastruktur di kawasan Pantai yang terletak di Kelurahan Ploso, Pacitan itu.

“Kita estimasikan (dananya) belum bisa, karena infrastruktur itu kan jalan dan juga fasilitas lainnya, seperti warung dan lain sebagainya,”papar Turmudi.

Tak hanya itu, untuk mengundang kedatangan wisatawan, Turmudi mengungkapkan kawasan parkir di Pantai Pancer Dorr akan terus diperhatikan. Utamanya, kata dia, salah satunyaa adalah dengan menggelar event-event untuk menggaet wisatawan.

Turmudi mengatakan rencana usulan pembangunan infrastruktur tersebut baru bisa terlaksana di tahun 2024 mendatang.

Selain kawasan Pantai Pancer Dorr, Pemkab juga telah melakukan sejumlah perbaikan utamanya di jalan menuju ke kawasan wisata Pantai Klayar. “Sudah (Diperbaiki), dari  PUPR sudah cukup responsive sudah diperbaiki,”tandas dia.

Di sisi lain, Turmudi mengatakan kebijakan membuka akses antarkawasan wisata juga terus diupayakan Pemkab, yaitu jalur penghubung Pantai Srau dan Pantai Watukarung di Kecamatan Pringkuku.

“Ini nanti yang progress untuk srau watukarung jangka panjangnya bagaimana untuk membuka akses, antarkawasan perlu diperhatikan,”pungkas dia.

No More Posts Available.

No more pages to load.