Peduli Lingkungan, KNPI Pacitan Gelar Aksi Tanam Pohon di Sepanjang JLS

oleh -Dibaca 157 kali
TANAM POHON. KNPI Pacitan bersama komunitas pemuda menanam pohon di sepanjang JLS Pacitan pada Rabu (11/1/2023) kemarin. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pacitan bersama unsur kepemudaan di Pacitan menggelar aksi penanaman pohon di sepanjang jalan lintas selatan (JLS) Kabupaten Pacitan pada Rabu (11/1/2023).

Kegiatan itu digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup sekaligus memperingati hari Gerakan satu juta pohon yang jatuh pada 10 Januari 2023 lalu.

“Pemuda menanam dalam rangka hari menanam sedunia, dengan di inisiasi KNPI Pacitan bersama okp dan organisasi pemuda di Pacitan,”kata  Ketua KNPI Pacitan, Bagus Surya Pratikna saat dikonfirmasi Pacitanku.com.

Lebih lanjut, Bagus mengungkapkan dalam aksi tersebut, terdapat tiga jenis bibit tanaman yang ditanam sepanjang jalur JLS Pacitan. “Sepanjang Jalur Lintas Selatan(JLS) dengan jenis trembesi, pucuk merah dan Ketapang,”ujarnya.

Legislator muda Pacitan ini juga berharap dengan aksi pemuda menanam itu akan membuat JLS semakin hijau dan ramah lingkungan.

“Tentu harapannya dengan adanya penanaman pohon yang di inisiasi pemuda ini ya membuat jalur lintas selatan ramah lingkungan dan sejuk, terlebih lagi jika pohon trembesi itu besar nantinya dapat menyimpan cadangan air di sepanjang jalur JLS”jelasnya.

Secara khusus, Bagus juga mengucap terimakasih atas bantuan dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang turut memfasilitasi penanaman pohon tersebut.

“Tentu kami sangat berterimakasih atas kesediaan unsur pemuda Pacitan dan juga dinas Kehutanan Provinsi yang turut memfasilitasi kegiatan sore hari kemarin,”pungkasnya.