Begini Momen Bupati Pacitan Adu Tangkas Main Latto-Latto Bareng Anak Sekolah, tak Lupa Berpesan Rajin Belajar

oleh -Dibaca 181 kali
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memainkan latto-latto bareng anak sekolah, baru-baru ini. (Foto: Dok Instagram @inb_indratanurbayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Belakangan ini kembali ngetrend mainan anak zaman dulu, yakni latto-latto. Tak disangka, bahkan Presiden RI Joko Widodo juga sempat menjajal permainan tersebut beberapa waktu lalu.

Di Pacitan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji pun kedapatan bermain latto-latto. Bupati Aji rupanya cukup jago memainkan mainan anak tardisional yang hits pada tahun 90-an tersebut.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @inb_indratanurbayuaji, nampak sang Bupati lihai memainkan latto-latto bersama salah satu pelajar di depan pintu mobil antar jemput sekolah.

Dalam video tersebut, Bupati Aji lebih jago jika dibandingkan anak sekolah yang sedang duduk karena durasi latto-latto yang dimainkan Bupati lebih lama.

“Kebetulan saya tadi liat anak anak pulang sekolah sedang main lato lato di mobil angkutan umum, saya hampiri dan saya juga berpesan supaya rajin belajarnya, dan hati hati di jalan,”kata Bupati dalam caption yang menyertainya.

Meski bermain latto-latto, Bupati juga tak lupa untuk berpesan agar anak-anak sekolah untuk terus belajar. “Lato lato boleh, tapi jangan lupa belajar ya anak anakku,”tandasnya.

Dalam caption terakhirnya, Bupati mengatakan dirinya juga menunggu lawan selanjutnya dari permainan yang kembali ngetrend itu. “Menunggu lawan selanjutnya,”pungkasnya.

Sontak video Bupati memainkan latto-latto itu mendapatkan tanggapan dari sejumlah warganet, salah satunya adalah Wasekjen Partai Demorkat Renanda Bachtar.

“Waahh… Pak Bupati sudah piawai mainkan lato lato ,”kata Renanda melalui akunnya @renandabachtar.

Sebagai informasi, latto- latto saat ini menjadi salah satu permainan yang sangat populer di Indonesia.  Latto-latto merupakan jenis permainan sederhana yang terbuat dari sepasang bola kecil yang terikat di tali.

Permainan yang cukup banyak dimainkan oleh anak-anak ini, memiliki bunyi yang unik ketika dua bola saling dibentur.

Latto-latto sendiri bukanlah mainan yang baru, bagi anak kelahiran tahun 90-an, pasti masa kecilnya telah bermain dengan mainan ini saat mengisi masa bermainnya. Namun saat ini permain itu kembali populer dan banyak dimainkan oleh semua kalangan maupun umur.

Sudah dimainkan Presiden Jokowi

Bahkan, permainan yang kembali marak di Pacitan ini  juga sudah coba dimainkan presiden RI Joko Widodo. Saat itu, Presiden Jokowi main latto latto bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di depan banyak orang di daerah Subang Jawa Barat.

Aksi Presiden Jokowi main latto latto itu diunggah Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam bentuk video ke akun media sosial Instagram miliknya, @ridwankamil.

Saat itu,  momen Presiden Jokowi main latto-latto terjadi saat mengunjungi pasar di Subang, Jawa Barat, Selasa (27/12/2022) lalu. Presiden didampingi Ibu Negara dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyapa para pedagang.

Saat itu, di tengah kerumunan, terdapat sejumlah anak-anak yang ingin melihat orang nomor satu di Indonesia itu. Satu di antara mereka sedang memegang permainan tradisional latto-latto.

Ridwan Kamil pun mengajak bocah laki-laki tersebut berinteraksi. Ia kemudian memintanya untuk memainkan lato-lato yang dipegang. Dengan penuh percaya diri, bocah laki-laki itu membenturkan dua bola lato-lato dengan cepat.

Aksi bocah tersebut rupanya mendapat perhatian dari Presiden Jokowi. Presiden pun mencoba permainan tradisional satu ini. Terlihat presiden mencoba mengayunkan lato-lato itu sambil dibimbing Ridwan Kamil. Meski ayunan lato-lato tak secepat bocah laki-laki itu, presiden tetap tersenyum lebar dan membuat suasana pasar riuh.