Cara Jualan Online Tanpa Modal, Dijamin Laris Manis!

oleh -Dibaca 247 kali
Source: https://pixabay.com/id/vectors/online-belanja-e-commerce-bisnis-4285034/

Pacitanku.com, PACITAN — Di era yang serba digital di jaman sekarang banyak hal bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet. Berkomunikasi, menjalin pertemanan, berkarya, memesan transportasi, bekerja freelance bahkan berjualan. Salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri dalam hal menghasilkan cuan dan pundi-pundi rupiah yaitu berjualan secara online.

Dengan gadget yang semakin canggih dan koneksi internet yang semakin cepat jualan online bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak butuh modal besar bahkan tanpa modal juga bisa menghasilkan cuan yang besar juga. Hal tentu saja menjadi peluang yang tidak bisa begitu saja dilewatkan dan harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Nah buat anda yang sedang memulai usaha jualan online, simak 5 cara jualan online tanpa modal berikut ini yang pasti dijamin laris manis.

5 Cara Jualan Online Tanpa Modal

1# pilih platform tempat berjualan yang sesuai

Di internet ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk berjualan. Berbeda dengan berjualan secara offline, berjualan secara online anda tidak perlu pusing memikirkan biaya sewa toko karena banyak tersedia platform yang bisa kita gunakan untuk berjualan secara gratis alias tanpa modal. Misalnya kita bisa berjualan melalui sosial media seperti facebook, instagram, tiktok, whatsapp dan lain sebagainya.

Atau kita juga bisa membuka toko/lapak atau mendaftar menjadi seller di marketplace-marketplace yang tersedia banyak di Indonesia seperti Blibli misalnya. Atau bisa juga menjalankan usaha jualan online anda di kedua platform tersebut baik di semua media sosial Ataupun di berbagai marketplace yang tersedia di Indonesia.

2# melakukan riset dan tentukan supplier

Di internet anda bisa menjual apapun baik menjual makanan, minuman, perkakas atau peralatan, pakaian, kendaraan, aksesoris dan masih banyak lagi. Apa saja dan apapun itu. Semakin banyak yang anda jual tentu akan semakin bagus karena intinya kita menyediakan apa yang calon pembeli butuhkan. Tapi akan lebih bagus lagi apabila kita menjual sesuatu yang sedang trending karena sesuatu yang sedang trending pasti banyak dicari orang.

Maka dari itu kita perlu mengikuti tren dan melakukan riset supaya kita tahu apa yang sedang dicari dan diminati banyak orang. Nah setelah kita tahu apa yang sedang tren dan diminati banyak orang, langkah selanjutnya adalah kita mencari supplier terpercaya yang menyediakan barang berkualitas dan dengan harga terbaik.

3# desain dan foto produk yang menarik

Foto produk yang menarik dengan kualitas foto yang bagus tentu menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi calon pembeli. Katalog dan etalase pada toko online juga harus menjadi perhatian yang serius karena bisa menjadi kesan tersendiri bagi calon pembeli.

Selain itu desain toko online juga harus menjadi salah satu prioritas yang harus senantiasa diperhatikan kerapihannya. Desain toko yang bagus dan rapi serta foto produk dengan kualitas terbaik akan memberikan kesan profesional untuk toko online anda di mara calon pembeli.

4# promosi

Terkadang melakukan promosi pasti selalu dikaitkan dengan bakar uang. Untuk perusahaan yang sudah besar bakar uang ini memang sering dilakukan tapi untuk kita yang baru merintis jualan online tentu sebaiknya jangan terburu-buru melakukan hal itu. Perlu diketahui kita bisa melakukan promosi secara gratis dengan memanfaatkan sosial media.

Berpromosi secara gratis menggunakan sosial media bisa kita lakukan dengan cara membuat konten yang bermanfaat dan membuat konten yang sedang viral. Kuncinya adalah konsisten dengan konsisten membuat konten lambat laun follower akan bertambah dan tentunya penjualan juga akan meningkat.

5# strategi harga

Rumus dasar dari berjualan adalah harga yang kita jual harus lebih besar dari modal dari situ akan terlihat jumlah keuntungan yang kita harapkan. Tapi pada kenyataannya ternyata tidak sesederhana itu. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan supaya barang cepat terjual dengan keuntungan maksimal. Salah satunya yaitu dengan melakukan riset perbandingan harga pada barang yang sama dengan beberapa toko pesaing dan melakukan riset untuk menentukan target market dan karakteristik pelanggan anda. Anda juga bisa menerapkan promo diskon pada barang lama yang ada di toko online anda supaya barang itu cepat laku atau cepat keluar.

Nah itu dia 5 strategi cara jualan online supaya laris manis. Buat anda yang akan menekuni bisnis khususnya jualan online, mungkin kelima tips diatas bisa diterapkan. Sekian artikel kali ini terima kasih semoga bermanfaat.