Puluhan Produk Kuliner Hingga Kriya Semarakkan Festival UMKM Desa Kasihan

oleh -Dibaca 1,539 kali
PRODUK UMKM. Kadiskuperin Prayitno mengunjungi stand UMKM di Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo pada Sabtu (29/10/2022). (Foto: Jihantoro Munir)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Puluhan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari kuliner hingga kriya menyemarakkan festival UMKM Desa Kasihan yang diselenggarakan oleh Komunitas Bangga Kasihan bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Kasihan pada Sabtu (29/10/2022) hingga Minggu (30/10/2022) di Lapangan Brakmilon Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo.

Turut hadir dalam kegiatan festival itu Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan Prayitno, Camat Tegalombo Nur Subkhan, Kepala Desa Kasihan yang diwakili Sekretaris Desa Kasihan Sunarno dan para tokoh masyarakat dan kepemudaan di Desa Kasihan.

Baca juga: Cerita Pegiat UMKM Sapu Ijuk dari Pegunungan Pacitan yang Mulai Kebanjiran Peminat Pasar Lokal

Ketua panitia pelaksana festival UMKM Desa Kasihan, Dwi Purnawan dalam keterangannya mengatakan antusiasme pelaku UMKM mengikuti festival tersebut sangat tinggi. Terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut mengisi stand dan mengikuti festival UMKM.

“Ada total sekitar 90 UMKM di Desa Kasihan ini yang turut berpartisipasi dalam kegiatan festival UMKM ini, dari mulai produk kerajinan tangan berupa besek, sapu lidi, produk dari limbah untuk kerajinan tangan vas bunga, produk kuliner seperti minyak kelapa dan banyak lagi,”kata Dwi.

Dari total 90 UMKM yang terdata tersebut, Dwi mengungkapkan sebanyak 25 UMKM diantaranya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Dari Dikuperin ada tim yang membantu registrasi NIB secara gratis, dan alhamdulillah dalam momen ini tersaring 25 UMKM yang memperoleh NIB gratis, tinggal tahapan selanjutnya nanti Insyaallah akan didampingi dari Dikuperin,”ujarnya.

Selain itu untuk menarik minat pengunjung datang ke stand UMKM desa, Dwi mengatakan panitia menggelar sejumlah kegiatan pendamping, seperti pentas seni pelajar, jalan sehat berhadiah kambing hingga live music.

PENTAS SENI PELAJAR. Para pelajar dari Desa Kasihan menampilkan kreasi seni dalam Festival UMKM Desa Kasihan pada Sabtu (29/10/2022). (Foto: Jihantoro Munir)

“Rangkaiannya sejak tanggal 4 September 2022 lalu, hingga puncaknya pada Sabtu-Minggu ini dalam rangka menyemarakkan sumpah pemuda ke-94, juga kami ucapkan terimakasih kepada Pemdes Kasihan, para donatur dan sponsor yang turut menyukseskan acara ini,”ungkapnya.

Sementara, Sekdes Kasihan Sunarno dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang digelar tersebut untuk pengembangan ekonomi di Desa Kasihan.

“Kami sampaikan apresiasi kegiatan ini agar bisa mengangkat ekonomi masyarakat Desa Kasihan, salah satunya adalah para pelaku UMKM,”tandasnya.

Camat Tegalombo Nur Subkhan yang turut hadir dan memotivasi pelaku UMKM di Desa Kasihan juga turut mengapresiasi digelarnya Festival UMKM tersebut dalam rangka upaya membangkitkan ekonomi masyarakat desa, sesuai dengan visi dan misi Bupati Pacitan menuju masyarakat sejahtera dan bahagia.

“Kami ucapkan selamat dan apresiasi kepada Komunitas Bangga Kasihan, Pemerintah Desa Kasihan dan para pelaku UMKM atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga para pelaku UMKM, masyarakat, Pemdes semuanya sinergi dan nyawiji untuk kebangkitan ekonomi Desa Kasihan,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kadis UKM, Koperasi dan Perindustrian Pacitan Prayitno didampingi Camat Tegalombo dan Sekdes Kasihan mengunjungi stand UMKM yang berada di lokasi acara. Kadiskuperin juga memborong sejumlah produk UMKM dari Desa Kasihan.

Video Geliat UMKM Pacitan: Cerita Pemilik Usaha Sapu Lidi dan Ijuk dari Pelosok Desa Kasihan

No More Posts Available.

No more pages to load.