Ratusan Pelajar Pacitan Tampilkan Kreasi Seni Budaya Semarakkan Hari Sumpah Pemuda dan Festival UMKM

oleh -Dibaca 1,022 kali
SEMARAK. para peserta menampilkan kreasi wayang beber Pacitan pada festival UMKM Desa Kasihan Tegalombo, Sabtu (29/10/2022). (Foto: Nur Aisyah Romadhona)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Ratusan pelajar tingkat SD, MI, SMP, SMA/MA di Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Pacitan menampilkan kreasi seni budaya dalam rangka menyemarakkan hari sumpah pemuda ke-94 dan festival Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kegiatan itu diselenggarakan Komunitas Bangga Kasihan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kasihan yang digelar pada Sabtu (29/10/2022) di lapangan Brakmilon, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Pacitan.

“Ada total 10 sekolah di Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo yang menampilkan kreasi seninya dalam kegiatan Festival UMKM yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Kasihan, SDN II Kasihan, SDN III Kasihan, SDN IV Kasihan, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Kasihan I, MIM Kasihan III, MIM Kasihan IV, MIM Kasihan V, Madrasah Aliyah (MA) Almukmin dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah 08 Kasihan, total peserta sekitar 125 murid,”kata koordinator pentas seni pelajar Festival UMKM Muhaimin.

Dari ratusan peserta itu, Muhaimin mengungkapkan berbagai tarian dan atraksi seni ditampilkan, yaitu diantaranya tari Gecul, tari kreasi, gerak dan lagu, tari manuk dadali, kesenian wayang beber dan tari kipas.

Dalam kegiatan pentas seni pelajar itu, juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian (Dikuperin) Kabupaten Pacitan Prayitno, Camat Tegalombo Nur Subkhan, Kepala Desa Kasihan yang diwakili Sekretaris Desa Sunarno dan sejumlah tokoh masyarakat dan segenap kepala sekolah dan guru dari sekolah di Desa Kasihan.

SEMARAK. para peserta menampilkan kreasi seni tari pada festival UMKM Desa Kasihan Tegalombo, Sabtu (29/10/2022). (Foto: Jihantoro Munir)

Ketua panitia festival UMKM Dwi Purnawan menyampaikan terimakasih kepada semua Lembaga Pendidikan yang turut berpartisipasi dalam event festival UMKM dalam rangka sumpah pemuda ke-94 tersebut.

“Semua penampil pentas seni tampil sangat atraktif dan menarik, sehingga kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu guru, Kepala Sekolah dan para siswa yang menyemarakkan festival UMKM dengan pentas seni pelajar,”katanya.

Sebagai informasi, Komunitas Bangga Kasihan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kasihan menggelar festival UMKM dalam rangka sumpah pemuda ke-94 dengan tema pemuda dan UMKM bangkit, desa sejahtera.

Sejumlah rangkaian acara mengiringi kegiatan festival UMKM yang digelar sejak Kamis (20/10/2022) lalu, mulai dari pasar malam, pentas seni pelajar, gebyar UMKM, senam bersama, live music dan jalan sehat berhadiah kambing.