Ratusan Bonsai Mahal Dipamerkan di Kompleks Pendopo Pacitan

oleh -Dibaca 1,146 kali
PAMERAN BONSAI. PPBI Pacitan menggelar pameran bonsai Ngremboko 4 pada Minggu (23/10/2022) hingga Kamis (27/10/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Pacitan menggelar pameran dan kontes bonsai bertajuk “Ngremboko 4” yang digelar sejak Minggu (23/10/2022) hingga Kamis (27/10/2022) di kompleks Pendopo Kabupaten Pacitan.

Ketua panitia “Ngremboko 4” Muhammad Farabi mengatakan setiap tahunnya, PPBI Pacitan menggelar pameran 3 kali, termasuk Ngremboko.

“Jadi memang setiap tahun PPBI menggelar pameran tiga kali setahunnya, tujuannya untuk teman-teman komunitas ngumpul aja, ada penjualan ada pergerakan seperti itu, untuk kontes lokal kita namankan ngremboko, kalau yang nasionla itu nyawiji, yang Ngremboko ini mulai 23 oktober sampai 27 oktober,”kata pria yang akrab disapa Robi ini, Senin (24/10/2022) di Pacitan.

Karena pameran digelar untuk lokal, kata Robi, pihaknya tidak mengundang peserta dari luar daerah. Namun demikian, jika ada peserta dari luar kota ikut, pihaknya tetap memfasilitasi.

“Ini kita ada dari Madiun, Ponorogo dan Wonogiri, total ada 171 bonsai yang terbagi ke dalam tiga kelas, yakni kelas propsek, semi jadi sama kelas jadi,”tandasnya.

Terkait dengan prospek tanaman bonsai, Robi mengaku sempat terdampak COVID-19. Namun demikian semakin kesini, banyak yang mulai melakukan budidaya bonsai dan dijual.

“Secara pemasaran biasanya ya dari pameran ke pameran, jualan online, buka bursa, live sale, untuk harga ya karena namaya hobi jadi tidak ada patokan harga, harga itu tak terbatas, asalkan pembeli dan penjual cocok, maka jadi, untuk harganya ada yang sampai puluhan juta,”pungkasnya.