Dampak Hujan Ekstrem, Sejumlah Sekolah di Pacitan Belum Bisa Lakukan Pembelajaran Optimal

oleh -Dibaca 1,033 kali
Kepala Dinas Pendidikan Budiyanto. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Pacitan Budiyanto mengungkap sejumlah sekolah di Kabupaten Pacitan terpaksa belum kembali melaksanakan pembelajaran secara optimal akibat terdampak bencana alam akibat cuaca ekstrem.

“Ada di beberapa satuan pendidikan kita yang terpaksa masih belum masuk karena terputus aksesnya, di Wonodadi kulon, kemudian di Sembowo masih ada sifatnya pembelajaran yang terbatas, ada yang tatap muka, ada yang daring,”kata Budiyanto saat dikonfirmasi awak media, baru-baru ini.

“Kemarin yang juga sudah ditangani itu SMP 2 Bandar sudah emergency, dan ada beberapa (sekolah) mohon maaf belum bisa menyampaikan data terkini kaitannya sekolah-sekolah yang kena dampak hujan ekstrem,”imbuh Budiyanto.

Lebih lanjut, Budiyanto mengungkapkan jajaranya sudah menyampaikan surat edaran kepada satuan pendidikan untuk menyikapi perubahan cuaca ekstrem, utamanya di wilayah Pacitan bagian timur.

“Tentu saja harus dikedapankan deteksi dini terkait yang pertama terhadap mekanisme belajar mengajar, jadi kalau cuaca ekstrem sebenarnya harus terbiasa dengan pembelajaran daring, tidak tatap muka, dalam rangka mengejar ketertinggalan, kemudian kita juga meyampaikan kepada sekolah-sekolah karena  kondisi geografis kita seperti ini untuk wasapdai kondisi alam,”jelasnya.

Pihak Dindik, kata Budiyanto, terus memberikan penekanan pada kepada stuan Pendidikan, karena perlakukan yang berbeda di setiap satuan Pendidikan, sehingga DIndik memberikan otoritas kepada Satuan Pendidikan.

“Di assessment di satuan Pendidikan, mungkin oh ini belum layak untuk tatap muka, membahayakan bagi siswa didik, kemudian guru terbatas aksesnya terbatas, kemudian juga memperhatikan kaitannya kondisi sarpras banyak sekali laporan bahwa sarpras di sekolah mengalami kerusakan akibat intensitas hujan yang sangat tinggi,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.