Mahasiswa Minta Pemerintah Tangani Persoalan Banjir dengan Maksimal

oleh -Dibaca 1,073 kali
AUDIENSI. PMII Pacitan menggelar audiensi dengan Pemkab membahas persoalan banjir Kota pada Senin (24/10/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pegerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) bertemu dengan Bupati Pacitan pada Senin (24/10/2022) di Kantor Bupati. Elemen mahasiswa tersebut meminta Pemerintah untuk melakukan penanganan secara maksimal dalam mengatasi banjir, khususnya di wilayah Pacitan Kota.

Ketua Umum PMII Pacitan Indra Hermawan dalam keterangannya kepada awak media usai bertemu Bupati mengungkapkan persoalan banjir ini sudah lama disuarakan oleh masyarakat.

Sehingga dirinya bersama elemen mahasiswa PMII menampung dan menyampaikan persoalan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

“Kita menampung dan berusaha mengkaji, tentang persoalan banjir seputaran kota di Pacitan, karena banjir ini berimbas ke sistem pelayanan, karena banjir berefek kepada kantor pelayanan, termasuk pendopo juga berimbas, tentu menjadi perhatian bagi kami menyampaikan kepada bapak bupati,”kata Indra.

Dalam pertemuan itu, Indra mengaku pihak Pemkab Pacitan yang dipimpin Bupati Indrata Nur Bayuaji merespon dengan baik, termasuk upaya penanganan dan pencegahan yang dilakukan Pemkab.

“Alhamdulillah direspon dengan baik, yang dari semua disampaikan dibeberkan penanganan dan pencegahan,”ujarnya.

Sehingga, kata Indra, pihaknya akan memantau apakah penanganan dan pencegahan terhadap banjir yang kerapkali terjadi di wilayah Kota ini benar-benar dilakukan.

“Tentu menjadi pantauan dari kita apakah benar-benar dilakukan, setelah ini apakah ada banjir lagi terus apakah malah berhenti menjadi pantauan dari kami, dibicarakan banyak sekali sistem teknis dan lain-lain, semua itu tak lepas pantauan dari kami, seperti kita dengar bersama dan masyarakat juga sudah khawatir, bagaimana nanti kalau terjadi banjir yang lebih besar, tentu sebelum itu terjadi harus ada penanganan lebih baik,”paparnya.

Lebih lanjut, Indra mengaku saat ini penanganan terhadap persoalan banjir yang dilakukan belum cocok, terutama terkait pemerataan.

“Kalau saya rasa belum belum cocok merata, terutama belum merata, kalau sudah merata ada sedikit upaya dari pemerintah,”jelasnya.

Sehingga, dari hasil audiensi itu, Indra mengungkapkan pihaknya akan mengawasi, termasuk penyebab terjadinya banjir dari hulu ke hilir.

“Kita mengawasi seperti rutin atau tidaknya, berkala atau tidaknya, juga terkait tentang sampah, apakah sosialisasi terkait pembuangan sampah sudah baik,”pungkasnya.