Ratusan Rumah Warga di Wilayah Pacitan Kota Terendam Banjir

oleh -Dibaca 2,651 kali
BANJIR. Lingkungan Bleber Sidoharjo terkena banjiir pada Rabu (12/10/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Tak kurang dari 150 rumah warga di lingkungan Bleber, Kelurahan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan, terendam banjir sejak rabu (12/10/2022) pagi.

Hal itu diakibatkan curah hujan yang tinggi di kawasan tersebut sejak Selasa (11/10/2022) kemarin yang mengakibatkan tanggul jebol dan air meluap.

Berdasarkan keterangan Maryati, salah satu warga Bleber, ketinggian air mencapai 1,5 meter masuk ke dalam rumah warga.

“(Banjir ini) kiriman dari (Sungai Blimbing) Pucangsewu tanggulnya jebol mas, tadi kita dihimbau Pak RW untuk kerja bakti menutup tanggul yang jebol,”kata dia.

Akibat kejadian itu, Maryati mengaku dirinya tidak bisa melakukan aktivitas rumah tangga seperti memasak dan sebagainya.

“Tentunya yang jelas kami tidak bisa masak, sehingga kami cari bantuan, karena rumahnya tergenang banjir, rata-rata banjir ke dalam rumah 1 meter sampai 1,5 meter, seperti kulkas itu belum bisa diamankan,”imbuh maryati.

Sementara, Ketua RW I Bleber Winanto mengatakan sekitar 150 KK tersebut terdampak banjir. Saat ini, upaya yang dilakukan adalah dengan kerja bakti membersihkan saluran air yang jebol.

“Ini penyebabnya debit air yang terlalu tinggi, penyempitan air di bapangan tidak mampu menahan derasnya air, air semua masuk ke wilayah Bleber,”kata Winanto.

Sebagai upaya langkah kedaruratan, dia mengatakan upaya warga sementara kerjasama dengan pemerintah terkait menanggulangi secara bekerja sama.

“Dan kerja bakti terkait dengan saluran yang jebol untuk sementarar mengantisipasi apabila terjadi hujan kembali,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.