Dinsos Pacitan Dukung Regsosek 2022 untuk Perbaikan Data Perlindungan Sosial

oleh -Dibaca 1,052 kali

Pacitanku.com, PACITAN — Pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya berasal dari Dinas Sosial (Dinsos) Pacitan.

Kepala Dinsos Pacitan Sumorohadi mengatakan pelaksanaan Regsosek 2022 akan menjawab permasalahan kondisi data eksiting yang ada.

Hal itu, kata dia, terkait dengan pembangunan data yang terintegrasi, salah satunya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Tentu sangat mendukung pelaksanaan Regsosek 2022 dalam rangka untuk menjawab kondisi data yang memang saat ini masih belum selesai, terutama data DTKS,”kata Sumorohadi, Selasa (20/9/2022) di Pacitan.

Ia juga mencontohkan diantara kasus yang ada diantaranya data ganda, data yang tidak tepat sasaran dan permasalahan lainnya.

“Sebagai contoh, masih banyak yang ganda, terkadang dengan data yang digunakan untuk penerimaan bantuan tidak tepat sasaran, data ganda dan permasalahan lain,”ujar dia.

Dia berharap dengan adanya Regsosek akan memperbaiki data eksisting saat ini.

“Saya pribadi juga melihat data ini nantinya akan menyeluruh baik sosial, ekonomi, perumahan bahkan sampai data disabilitas,”tandas dia.

Selain itu, imbuh dia, pelaksanaan Regsosek, imbuh dia, sangat bermanfaat untuk perlindungan sosial dan bantuan sosial.

“Dan data ini nantinya terintegrasi tentu akan luas dampak pemanfaatanya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) Pacitan menggelar rapat koordinasi Reksosek 2022 dengan menggandeng seluruh stake holder yang ada di Pacitan.