Harga Telur Ayam di Pacitan Naik, Kadisdagnaker Jelaskan Penyebabnya

oleh -Dibaca 1,261 kali
Kepala Disdagnaker Pacitan Sunaryo. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disdagnaker) Pacitan Sunaryo menjelaskan perihal kenaikan harga telur ayam di Kabupaten Pacitan yang sudah tembus di angka Rp 35 ribu per kilogram.

“Khusus memang telur baru kali ini naik diatas Rp 30 ribu per kilogramnya, ini sekarang Rp 35 ribu dan ini memang ada beberapa factor yang mempengaruhi, karena penentuan harga itu kan bergantung supply and demand, jadi kemungkinan supply di pasar berkurang,”kata Sunaryo di sela-sela pemberangkatan ekspor jahe gajah di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan pada Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Harga Telur Ayam di Pacitan Naik, Penjualan Alami Penurunan

Lebih lanjut, Sunaryo mengatakan berdasarkan informasi dari pusat, adanya penyaluran bantuan sosial (Bansos) turut menjadi faktor kenaikan telur ayam saat ini.

“Informasi dari pusat, bansos secara massal secara massal memberikan juga telur, otomatis pasarnya supply nya kurang, permintaan tetap banyak, karena telur itu kalau penyaluran bansos kan tidak masuk pasar,”jelas Sunaryo

Selain itu faktor lain, kata Sunaryo, adalah pakan ternak yang kondisinya dua bulan lalu sudah menunjukkan kenaikan. “Meskipun ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh,”ujarnya.

Sunaryo saat pemberangkatan ekspor jahe gajah di Kelurahan Sidoharjo, Pacitan pada Jumat (26/8/2022). (Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Sunaryo juga menyebut masyarakat tidak perlu khawatir terkait trend kenaikan telur ayam ini. Sebab, kata dia, penyaluran bansos ini dilakkan berkala sehingga dalam kurun waktu dua pekan hingga satu bulan kedepan harga telur kembali turun.

“Bantuan sosial in ikan secara massal supplynya berkurang karena ada bantuan yang massal, mungkin satu bulan atau dua minggu lagi sudah turun lagi (harga telur ayamnya), karena supplynya sudah mulai banyak, karena bansos kan berkala bulanan, jadi tidak perlu khawatir, stok juga masih cukup, hanya saat ini harganya yang naik,”paparnya.

Secara khusus, Sunaryo mengatakan saat ini harga kebutuhan pokok masih aman, utamanya dari sisi stok kebutuhan pokok di Pacitan.

“Kalau kebutuhan pokok saya pikir aman-aman saja tidak ada spektakuler naik, sudah aman karena prinsipnya  kalu kenaikan harga ini kan situasional, tapi dari sisi stok, aman,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.