Semarak Jambore Pemuda Pacitan 2022, Peserta Tampilkan Karya UMKM dan Seni

oleh -Dibaca 1,721 kali
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pacitan bersama Karang Taruna (Katar) Pacitan menggelar jamboree pemuda Pacitan yang bertempat di lapangan Sukorejo, Kecamatan Sudimoro Pacitan, sejak Sabtu (16/7/2022) hingga Ahad (17/7/2022).

Pacitanku.com, SUDIMORO – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Pacitan bersama Karang Taruna (Katar) Pacitan menggelar jamboree pemuda Pacitan yang bertempat di lapangan Sukorejo, Kecamatan Sudimoro Pacitan, sejak Sabtu (16/7/2022) hingga Ahad (17/7/2022).

Ketua pelaksana jambore pemuda Pacitan, Prasetya Aji dalam keterangannya mengatakan pada tahun ini, sebanyak 144 Peserta yang berasal dari 12 Kecamatan yang ada di Pacitan.

“Dan dibina para Pengurus KNPI dan Karang Taruna Kabupaten, peserta Jambore Kemah Bersama (Kemsama), memenuhi Lapangan Desa Sukorejo Kecamatan Sudimoro. Peserta berasal dari 12 Kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten,”katanya.

Prasetya mengatakan, setiap utusan mengadakan presentasi kreatif UMKM mewakili dearah masing masing, terlihat dari produk-produk unggulan terpampang saat malam harinya di display stand mobil UMKM.

Selain berbagai hiburan masyarakat seperti Sentewere digelar siang harinya, malam hari dilanjutkan Lomba pentas seni dari para kontingen yang sangat beranekaragam mengangkat kearifan budaya lokal setempat.

“Alhamdulilah, kegiatan Jambore dari para pemuda telah terlaksana dan berjalan lancar, bahkan melebihi expektasi untuk antusias Masyarakat Sudimoro dan sekitarnya ikut terhibur dengan adanya penampilan seni budaya dan hiburan lokal disini,”kata Camat Sudimoro Kemal Pandu Pratikna.

Kemal Pandu Pratikna Camat muda Kecamatan Sudimoro ini menambahkan bahwa kegiatan semacam ini harus ada setiap tahun.

“Selain menumbuhkan semangat kepemudaan, meningkatkan daya kreatifitas diberbagai bidang yaitu  bidang keagamaan, seni, UMKM, terlebih lagi diadakan nya kegiatan outbound  yang ada disini akan meningkatkan skill transfer knowledge,”jelas dia.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Pacitan Turmudi berpesan agar pemuda harus bisa berdiri dan tegak dibarisan paling terdepan, di berbagai bidang, ruang dan waktu, karena pemuda adalah harapan bangsa, generasi masa depan.

“Kalau kita amati kegitan kali ini sudah bisa mengembirakan dan luar biasa, dan kegiatan semacam ini harus di dorong terus agar berkelanjutan setiap tahunnya,”kata Turmudi.