Ini Tips PDHI Pacitan Potong Hewan Kurban Secara Aman di Masa PMK

oleh -Dibaca 440 kali
Ketua PDHI Pacitan Mahendra Setyo Hantoro. (Foto: Dok. Pacitanku TV)

Pacitanku.com, PACITAN – Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Kabupaten Pacitan berbagi tips memotong hewan kurban secara aman di masa penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Sudah memasuki hari mendekati Idul Adha, kami dari PDHI mengimbau kepada peternak dan takmir masjid untuk memastikan dalam kondisi sehat,”kata Ketua PDHI Pacitan, Mahendra Setyo Hantoro, Jumat (8/7/2022) di Pacitan.

Baca juga: Umat Islam di Pacitan, Simak Arahan Kepala Kemenag Pacitan Terkait Penyembelihan Hewan Kurban

Selain itu, pria yang akrab disapa Mahendra ini menuturkan salah satu hal yang paling mudah adalah dengan melihat kondisi fisik hewan.

“Salah satu paling mudah itu hal fisik hewan, kemudian nafsu makan ternak baik agi masyarakat juga,”ujar dia.

Selain itu, Mahendra juga menjelaskan setidaknya ada 4 syarat agar hewan kurban ini aman disembelih.

” Adapun empat syarat hewan kurban yang baik Sehat dari penyakit, tidak cacat, tidak terinfeksi penyakit, dan kondisi sudah benar-benar cukup umur,”tandas dia.

“Ini yang kita imbau dan masyarakat sekalian benar-benar dicek kesehatannya dan yang terpenting lagi disaat masih terdapat PMK berasal dari daerah yang bebas PMK,”imbuh Mahendra.

Selain itu, Mahendra mengatakan pemotongan hewan kurban jika bisa sebaik mungkin dan dapat dikoordinasikan dengan dokter hewan terdekat.

“Agar dapat di pantai kesehatannya ada baiknya pula jika ragu dapat di potong di Rumah Potong Hewan,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.