Mantan Kepala OPD di Pacitan Gabung PKB dan Siap Maju Maju Pileg DPRD Jatim

oleh -Dibaca 1,812 kali
Sakundoko mantan Kepala OD Pacitan siap maju Pileg DPRD Jatim.

Pacitanku.com, PACITAN – Sekitar 20 bulan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, sejumlah mesin Partai Politik (Parpol) di Pacitan mulai bergerilya mencari sosok bakal calon legislatif (caleg) yang akan diusung dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

Salah satu partai yang getol memanaskan mesin partai dengan menggaet sosok berpengaruh maju dalam Pileg adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pacitan.

Terbaru, mantan Kepala Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pacitan Sakundoko dikabarkan bergabung dengan PKB untuk maju dalam Pileg 2024.

Sosok Sakundoko sendiri adalah mantan pejabat yang kenyang pengalaman memimpin OPD di Pacitan.

Sakundoko yang baru saja purna tugas pada pekan lalu ini tercatat pernah memimpin Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik), Kepala Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan yang terbaru hingga purna tugas adalah Kepala Kesbangpol Pacitan.

Ketua DPC PKB Pacitan Fibi Irawan. (Foto: Putro Primanto)

“Betul mas (bergabung ke PKB, red), Pak Sakundoko, beliau seorang birokrat yang sangat banyak pengalaman di berbagai bidang dan tentunya kita tahu beliau memiliki jiwa petarung yang sangat kuat,”kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Pacitan Fibi Irawan, Selasa (21/6/2022) di Pacitan.

Fibi menilai Sakundoko yang sudah kenyang pengalaman di dunia birokrasi adalah sosok yang tepat menjadi Caleg mewakili Daerah Pemilihan Jatim IX yang meliputi Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan dan Ngawi.

“Dengan kelahiran di Trenggalek, mengabdi di Pacitan dan berdomisili di Ponorogo, harapannya beliau nanti mampu meraup suara yang besar yang bermuara pada terpilihnya sebagai anggota DPRD Provinsi,”ujar Fibi yang juga menjabat sebagai Waki Ketua DPRD Pacitan ini.

Bergabungnya Sakundoko yang pernah menjabat berbagai Kepala OPD di Pacitan ini berawal saat jajaran Pengurus DPC PKB Pacitan silaturahmi ke kediaman Sakundoko.

“Saya dan Mas Sekretaris DPC PKB, hari Ahad (19/6/2022) kemarin silaturahim ke Ndalem Pak Sakundoko di Ponorogo, sekalian menghadiri acara Mujahadah Qubro. Dalam obrolan santai, kami mengajak beliau bergabung bersama kami, dan beliau siap maju caleg 2024 untuk DPRD Provinsi Jawa Timur,”pungkas Fibi.

Sebagai informasi pada pileg 2019 lalu, ada total 12 kursi yang berhasil diduduki 7 Parpol dari Dapil Jatim IX. Adapun 12 kursi itu di posisi pertama ada PDI Perjuangan dengan 3 kursi dengan nama Anggota Dewan adalah Bambang Juwono, Deni Wicaksono dan Diana Amaliyah Verawatiningsih.

Kemudian Partai Demokrat mendapatkan dua kursi, yakni Sri Subiati dan Eko Parsetyo Wahyudiarto. Namun dalam perjalanannya, Sri Subiati meninggal dunia dan digantikan oleh Ratnadi Ismaoen.

Selain PDIP dan Demokrat, Partai Nasdem sukses meraih dua kursi, yang diduduki oleh Mirza Ananta dan Suyatni Priasmoro. Kemudian PKB juga berhak atas dua kursi DPRD Jatim Dapil IX yaitu Kholiq dan KH Kusni.

Peringkat kelima ditempati Partai Golkar dengan 1 kursi yaitu Sahat Tua Parlindungan Simanjuntak.

Kemudian di posisi keenam ditempati Partai Gerindra dengan 1 kursi yaitu Noer Soetjipto. Sedangkan kursi terakhir ditempati oleh PKS dengan menempatkan Riyadh Rosyadi duduk di Gedung DPRD Jatim.

No More Posts Available.

No more pages to load.