Ketua KPU Pacitan: Tahapan Pemilu Serentak 2024 Resmi Dimulai

oleh -1 Dilihat
KPU Pacitan menggelar kegiatan nonton bareng Launching Pemilu 2024 secara daring pada Selasa malam di kantor KPU Pacitan Jalan Veteran nomor 66 Pacitan. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan Sulis Styorini menyebut tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak dimulai pada Selasa (14/6/2022).

Untuk itu, KPU Pacitan menggelar kegiatan nonton bareng Launching Pemilu 2024 secara daring pada Selasa malam di kantor KPU Pacitan Jalan Veteran nomor 66 Pacitan.

“Hari ini (Selasa 14 Juni) kita melaksanakan peluncuran tahapan pemilu 2024, serentak seluruh Indonesia dengan disaksikan KPU di seluruh Indonesia,”kata perempuan yang akrab disapa Rini ini dalam sambutannya.

Sesuai PKPU nomer 3 tahun 2022, kata Rini, pelaksanaan tahapan pemilu dimulai sejak tanggal 14 juni 2022 atau 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. “PKPU 3 tahun 2022, sesuai amanat undang-undang dimulai 20 bulan sebelum tanggal 14 Februari 2022,”ujar Ketua KPU perempuan pertama di Pacitan ini.

Rini mengungkapkan agenda terdekat dalam tahapan pemilu adalah verifikasi partai politik peserta pemilu dan perencanaan anggaran pemilu 2024.

“Adapun tahapan paling dekat itu tahapan internal perencanaan dan anggaran, kemudian untuk verifikasi partai politik dan pemutakhiran data pemilih di tahun 2022,”kata Rini.

“Dalam PKPU 03 tahun 2022 ini memang secara global sesuai dengan dengan undang-undang, dan secara umum tahapan sudah banyak dimulai tahun 2022,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan nonton bareng launching tahapan Pemilu serentak itu adalah Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Forkopima Pacitan.

Kemudian para komisioner KPU, perwakilan Partai Politik di Pacitan dan juga Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Sebagai informasi, Ketua Hasyim Asy’ari resmi membuka peluncuran tahapan penyelenggaran Pemilu 2024, Selasa (14/6/2022). Peluncuran tahapan Pemilu ditandai dengan menekan sirine.

Setelah tahapan awal Pemilu 2024 resmi dibuka, nantinya KPU merancang perencanaan program dan anggaran, serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu.

No More Posts Available.

No more pages to load.