Puluhan Siswa PAUD dan Orang Tua Peringati Hari Laut Sedunia dengan Tanam Pandan

oleh -Dibaca 926 kali
Kegiatan tanam pandan di wilayah pantai Pancer Dorr Pacitan pada Rabu (8/6/2022). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Puluhan murid anak usia dini bersama orang tua dan guru dari lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) Permatasari, Satuan PAUD Sejenis (SPS) Tanjungsari dan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Bina Insani bersama sama dengan orang tua dan guru ini lakukan kegiatan tanam pandan di wilayah pantai Pancer Dorr Pacitan pada Rabu (8/6/2022).

Kegiatan yang diprakarsai oleh sejumlah guru PAUD ini bertujuan untuk mengenalkan sejak  dini kepada anak agar senantiasa menjaga lingkungan alam sekitar.

“Kegiatan luar lapangan ini bertepatan dengan hari laut sedunia, kemudian kami ajak anak anak dan orang tuanya untuk kerja bakti dan tanam pandan,”kata pengelola KB dan SPS Permatasari Tanjungsari, Veni Vetonah, Rabu (8/6/2022).

Sementara itu, selain menanam pandan, anak-anak juga di bawa belajar bersama dengan komunitas Sahabat Penyu Pacitan.

Disini anak anak usia dini diperkenalkan dengan salah satu binatang laut yang hampir punah, yaitu penyu.

“Luar biasa, saya sendiri baru tahu kalau di pancer dorr ada tempat perawatan penyu. Ini cukup memberi pengetahuan bagi kami tentang penyu,”ungkap Prihantini Irianing Tyas, guru PAUD Permatasari, Tanjungsari Pacitan.

Sebagai informasi, sejarah peringatan hari laut sedunia, dilansir dari laman resmi United Nations, konsep ‘Hari Laut Sedunia’ pertama kali diusulkan pada tahun 1992 di KTT Bumi, Rio de Janeiro.

Konsep tersebut diusulkan sebagai cara untuk merayakan laut bersama penduduk di seluruh dunia. Dan kemudian disepakti peringatan hari laut sedunia diperingati setiap tanggal 8 Juni.

Tema Hari Laut Sedunia  pada tahun 2022 ini adalah “Revitalization: collective action for the ocean” atau “Revitalisasi: aksi kolektif untuk laut.”

Bertujuan agar semua orang bisa membangun hubungan yang baik untuk menjaga kelestarian laut dan meningkatkan kesadaran tentang peran penting laut, karena lautan adalah paru-paru yang dimiliki oleh bumi, sumber utama makanan, obat-obatan, dan bagian penting dari biosfer.