Dipimpin Mantan Bupati Pacitan, Yayasan Gerontologi Siap Wujudkan Lansia Mandiri dan Produktif

oleh -Dibaca 654 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan periode 2011 – 2021 Indartato secara resmi dikukuhkan menjadi Ketua yayasan Gerontologi Abiyoso Jawa Timur Perwakilan Kabupaten Pacitan masa bakti 2021-2026.

Pengukuhan berlangsung di Pendopo Kabupaten oleh Ketua Umum Yayasan Gerontologi Jawa Timur H Mashud pada Senin (23/05/2022).

Turut hadir dan menyaksikan pengukuhan tersebut Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama isteri, Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Ketua DPRD serta unsur Forkopimda yang lain.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Yayasan Gerontologi Jatim H. Mashud menekankan bahwa tugas utama Yayasan Gerontologi adalah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat lanjut usia (lansia) hidup layak, umur panjang, sehat, mandiri dan produktif.

“Lansia Pacitan itu hebat karena jika kota lain jumlah lansianya rata-rata 12 persen di Pacitan masih 19 persen. Artinya, lansia di Pacitan kualitas hidupnya sangat baik,” katanya mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Senada disampaikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji. Dengan kondisi alam yang masih alami dan minim polutan serta kehidupan masyarakatnya yang ramah, tenang dan tentram, Pacitan sangat cocok untuk menikmati masa tua.

Ini terbukti dengan hasil survei yang menyatakan bahwa angka harapan hidup masyarakat Pacitan ada diangka 72 tahun.

“Hidup pasti akan menua tapi menjadi tua dan bermanfaat itu adalah pilihan,” kata Bupati.

Mas Aji berharap Yayasan Gerontologi Abiyoso ini dapat menjadi mitra dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi mewujudkan masyarakat bahagia sejahtera.

“Tugas kita adalah membantu mewujudkan visi pak bupati salah satunya dalam rangka meningkatkan usia harapan hidup lansia di Pacitan semakin baik,” tegas Indartato, Ketua Yayasan Gerontologi Kabupaten Pacitan.

Gerontologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari penuaan dan orang tua. Ilmu ini penting dipelajari karena banyak orang tua yang memerlukan perhatian khusus untuk kesehatannya. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pengukuhan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat masa bakti 2021-2026 Kabupaten Pacitan.