Ketua DPR RI: Masa Reses Kesempatan Dewan Menyapa dan Dengarkan Keluh Kesah Rakyat

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani pada Kamis secara resmi menutup Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 dan akan mulaimasa reses pada tanggal 15 April-16 Mei 2022.

Ketua DPR RI tersebut mengingatkan para anggota dewan untuk memanfaatkan masa reses ini untuk menyerap aspirasi rakyat di daerah pemilihannya masing-masing.

“Masa reses merupakan kesempatan bagi Yang Terhormat Anggota DPR RI untuk menyapa rakyat, mendengarkan keluh kesah rakyat, menjelaskan tugas konstitusional yang telah kita laksanakan,” pesan Puan dalam pidato di rapat paripurna penutupan masa sidang, Kamis (14/4/2022).

Ia menyebutkan, salah satu isu yang menjadi perhatian masyarakat saat ini adalah terkait naiknya sejumlah harga bahan kebutuhan pokok. Masa reses ini harus dimanfaatkan wakil rakyat untuk memonitor stok dan stabilitas harga sembako.

Apalagi, masa reses ini juga bertepatan dengan jatuhnya bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, dimana kebutuhan masyarakat akan bahan pokok meningkat.

Anggota DPR bisa memanfaatkannya dengan memastikan bahwa pemerintah bisa menjaga kestabilan stok dan harga pangan.

“Pemerintah perlu segera mengambil kebijakan yang efektif dalam mengendalikan kestabilan harga berbagai komoditas. Pemerintah memastikan agar dapat menjaga daya beli masyarakat serta memberikan bantuan sosial bagi masyarakat yang tidak mampu,”kata Puan.

Menutup pidatonya, Puan Maharani mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh anggota dewan yang mulai Jumat akan kembali ke daerah pemilihannya masing-masing.

“Kepada Anggota Dewan yang Terhormat, kami menyampaikan ‘selamat bekerja’ pada masa reses, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan rahmat dan bimbingan-Nya bagi kita semua,” ujar Puan Maharani.