Keren, Pegiat UMKM Gula Aren Pacitan Ikuti YESS Young Ambassador 2022 Kementan RI

oleh -Dibaca 552 kali
Kementan RI gelar YESS Young Ambassador RI belum lama ini. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Desa Temon, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Gusti Ayu Ngurah Megawati mengikuti Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) Young Ambassador yang menjadi program Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Pacitanku.com, Rabu (6/4/2022), perempuan yang akrab disapa Mega ini memiliki usaha gula aren temon ini akhirnya terpilih menjadi salah satu nominasi di tingkat nasional YESS Young Ambassador 2022 Kementan RI.

Sebagai informasi, Kementan mengajak para generasi muda di pedesaan untuk meningkatkan pendapatan, melalui sektor pertanian. Peningkatan tersebut dilakukan mulai dari pelatihan dengan pemanfaatan teknologi, alsintan (alat dan mesin pertanian), permagangan, akses permodalan hingga jejaring pemasaran.

Hal ini juga sekaligus langkah untuk membuktikan bahwa sektor pertanian adalah sektor yang sangat menjanjikan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus berupaya memfasilitasi generasi muda untuk menggeluti wirausaha pertanian bahkan untuk terjun langsung menjadi petani unggul.

“Kita berupaya untuk mengubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan salah satu sektor yang menjanjikan, terlebih di tengah pandemi ini,”kata Mentan.

Sementara, Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi menjelaskan, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan bersama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) terus berupaya meningkatkan meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kemampuan pemuda di pedesaan melalui Program YESS,

Sebagai tindak lanjut dari program YESS, Pada tahun 2022 ini digelar pemilihan YESS Young Ambassador 2022, tepatnya pada tanggal 25-30 Maret.

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah bootcamp yang diikuti oleh 49 wirausaha muda di bidang pertanian dari berbagai provinsi di Indonesia. Selama 6 hari peserta bootcamp dibekali berbagai kemampuan antara lain kewirausahaan, public speaking, video editing, serta yang tak kalah penting adalah kepribadian sebagai seorang pengusaha.

Project Manager YESS Programme, Inneke Kusumawati pada saat membuka kegiatan mengatakan, seorang Young Ambassador nantinya akan menjadi duta yang mempromosikan dunia pertanian untuk meningkatkan citra dan motivasi kaum muda untuk terlibat di sektor pertanian.