Kadisparbudpora Pacitan Janji akan Tata Ulang Museum Geopark di Pancer

oleh -Dibaca 1.613 kali
Museum Geopark di Pancer Dorr. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Pacitan Turmudi berjanji jajarannya akan menata ulang museum geopark yang terletak di kawasan Pantai Pancer Dorr, Pacitan.

“Ya ini kita akan bicarakan dengan teman-teman terkait dengan Geopark, terutama terkait dengan teman-teman kebudayaan, karena kita belum tahu persis peruntukannya kita akan tata ulang museum geopark itu,”kata Turmudi, Rabu (30/3/2022) di Pacitan.

Lebih lanjut, Turmudi mengatakan jajarannya tidak akan membiarkan kondisi museum geopark yang menjadi identitas geosite di wilayah Pacitan.

“Kita akan lakukan (penataan) itu, jadi tidak mungkin kita biarkan, yang berjalan kita akan berikan penjelasan salah satu geosite di wilayah Pawonsari jangan sampai oleh ternodai hal-hal kecil seperti ini,”papar dia.

Tak hanya kawasan museum geopark di Pancer, Turmudi juga membahas dengan dua daerah lain, yaitu Wonogiri dan Gunungkidul terkait penataan Geopark Gunugsewu.

“Hari ini ada rapat teman dengan Disparporabud Pawonsari, Wonogiri dan Wonosari (Gunungkidul), kita putuskan disana,”pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, museum yang terlatak di Kawasan wisata Pantai Pancer Dorr ini terlihat terbengkalai. Padahal usai dibangun pada 2012 lalu, keberadaan Etalase Geopark Gunung Sewu ini digadang akan menjadi destinasi wisata baru di kawasan Pantai Pancer Pacitan.

Dimana fasilitas seluas 600 meter persegi itu dibangun dengan anggaran R 6 miliar, dengan rincian gedung dibangun dengan dana Rp2,4 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, lalu untuk obyek isian etalase tersebut senilai Rp 3,6 miliar dari Kementerian ESDM.