Sudah Ada 7, Tapi Pemkab Sebut Ada Potensi Penambahan SPBU di Pacitan

oleh -Dibaca 593 kali
SPBU SOGE DIRESMIKAN. Pertamina akhirnya meresmikan SPBU Soge pada Sabtu (26/3/2022). (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Kabupaten Pacitan kini memiliki total 7 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Terbaru, SPBU 54.635.07 Soge di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo akhirnya diresmikan pada Sabtu (26/3/2022).

Adapun 7 SPBU tersebut adalah SPBU Ploso Pacitan, SPBU Nanggungan Pacitan, SPBU Mentoro Pacitan, SPBU Arjosari, SPBU Punung, SPBU Ngadirojo dan yang terbaru SPBU Soge.

Namun demikian, Pemkab Pacitan menyebut ada potensi penambahan SPBU di Pacitan. Hal tersebut ditegaskan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pacitan Tengku Andi Faliandra di sela peresmian SPBU Soge pada Sabtu (26/3/2022) kemarin.

“7 SPBU yang dimiliki Pacitan kalau kita lihat dari luasnya, dari pintu barat kita lihat sudah mulai mencukupi, tapi sebenarnya belum mencukupi, karena baru ada titik tengahnya di Punung, kita harapkan di Donorojo ada, maka kita rencana di Donorojo ada (SPBU),”kata pria yang akrab disapa Andi ini.

Sementara, di Kawasan Pacitan wilayah timur, juga ada harapan penambahan SPBU, terutama di wilayah perbatasan dengan Trenggalek.

“Nah di Kawasan Jalur Lintas Selatan di Ngadirojo sudah ada ada, tapi di kawasan jalan kita belum ada, dan ini merupakan titik awal kita, mudah-mudahan nanti di titik perbatasan kita di Sudimoro ada,”jelas pria yang juga mantan Kadisparpora Pacitan ini.

Tak hanya di sisi tersebut, Andi mengatakan ada potensi penambahan SPBU di wilayah arah ke Tegalombo dan Nawangan.

“Kemudian yang mengarah ke tegalombo kita harapkan ada juga ada dan mengarah ke Nawangan juga ada karena ada obyek wisata kita di Nawangan juga ada,”pungkasnya.

Gayung bersambut, Cristanto Filemon mewakilli General Manager (GM) Pertamina mengatakan tidak menutup kemungkinan Pertamnina juga membuka SPBU lagi di Pacitan untuk mendongkrak wisata.

“Untuk kedepannya kami masih akan membuka lagi yang baru seperti (SPBU Soge) ini, supaya wisata disini bisa dikembangkan sampai semaksimal mungkin,”kata Cristanto di sela-sela peresmian SPBU Soge.

Diberitakan sebelumnya, SPBU 54.635.07 Soge di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo akhirnya diresmikan pada Sabtu (26/3/2022).

SPBU yang terletak di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS) yang berada tepat di seberang Pantai Soge itu diharapkan mampu mendongkrak pengembangan wisata di Pantai Soge dan Pacitan.

Peresmian SPBU yang merupakan Kerjasama Pertamina dengan PT Anugrah Andalan Utama dihadiri oleh pemilik SPBU Soge Basuki Nugroho, perwakilan Pertamina Cristanto Filemon dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pacitan Tengku Andi Faliandra yang mewakili Bupati Pacitan.