774 Rumah Tidak Layak di Pacitan Segera Peroleh Bantuan BSPS

oleh -Dibaca 745 kali
Bupati Aji saat membuka Sosialisasi Kabupaten Pelaksanaan Kegiatan BSPS tahun 2022 tahap II di ruang aula Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan, Senin (14/3/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan kembali menerima program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahap III tahun 2022.

BSPS merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta sarana dan prasarana.

Tahun ini, Kabupaten Pacitan mendapatkan alokasi sebanyak 774 unit tersebar di 9 kecamatan di 22 desa. Bagi keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bantuan stimulan sebesar Rp20 juta, dengan rincian Rp 17,5 juta untuk kebutuhan bahan material sedangkan sisanya untuk upah pekerja.

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji saat membuka Sosialisasi Kabupaten Pelaksanaan Kegiatan BSPS tahun 2022 tahap II di ruang aula Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan, Senin (14/3/2022) mengatakan stakeholder terkait bisa memahamkan manfaat BSPS.

“Saya tekankan lagi disini untuk rekan-rekan di wilayah, karena ini adalah program kawalan maka wajib bagi teman-teman untuk memahamkan penerima manfaat akan program tersebut,” kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan pesan tersebut kepada para tenaga fasilitator serta para camat dan kepala desa penerima program. Orang nomor satu di Pacitan itu minta semua bergerak bersama mengawal program tersebut yang muaranya menuju masyarakat Pacitan yang bahagia sejahtera.

Senada disampaikan Plt. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Pacitan, Heru Tunggul Widodo.

Sosialisasi program BSPS ini menurutnya untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi guna menumbuhkan keswadayaan dan kegotongroyongan masyarakat. Untuk itu pihaknya berharap peran pemerintah kecamatan dan pemerintah desa serta dukungan dari stakeholder diwilayah.

“Kita mendorong peran aktif masyarakat demi kelancaran pelaksaanan program BSPS ini,” katanya.

Sementara, menurut Perwakilan Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur Andi Yusuf, program BSPS di Pacitan sudah berlangsung sejak 2015. Sejauh perjalanan itu telah terealisasi rumah layak huni sebanyak 3.456 unit tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Pacitan.