Nikmatnya Panji Coconut Chips, Keripik Olahan Kelapa Asli Pacitan

oleh -Dibaca 1.598 kali
Produk Keripik kelapa Panji Coconut Chips asli Pacitan. (Foto: Dok)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan adalah kota dengan lahan pertanian yang sangat luas, pacitan juga mampu menghasilkan banyak hasil pertanian salah satunya yaitu kelapa. Banyaknya kelapa yang dihasilkan kebanyakan diolah menjadi santan untuk bahan pelengkap masakan.

Salah satu produk olahan kelapa di Pacitan adalah Panji Coconut Chips. Produk ini hadir dengan inovasi olahan kelapa yang di jadikan keripik kelapa dengan berbagai varian rasa dan kemasan yang sangat menarik, dan tentunya dengan proses pembuatan yang modern karena keripik kelapa dari Panji Coconut Chips melalui proses oven tidak digoreng.

“Untuk masyarakat Pacitan sendiri memang kurang cocok dengan makanan yang seperti ini walaupun Pacitan juga penghasil kelapa, tapi olahan keripik kelapa ini banyak disukai di luar kota karena memang cabang terbesar olahan coconut chips ini hanya ada di Jakarta dan Bali,”kata pemilik Panji Coconut Chips, Veranika, Sabtu (12/2/2022) di Pacitan.

Panji Coconut Chips sendiri di produksi di rumah Veranika tepatnya di Krajan Kidul, Nanggungan, Kecamatan Pacitan. Untuk lokasi produksi dari keripik kelapa ini sangat mudah dijangkau karena tidak jauh dari pusat kota.

Produk Keripik kelapa Panji Coconut Chips asli Pacitan. (Foto: Dok)

Veranika mengatakan, usaha tersebut dibuat dengan modal mandiri yang mulanya berawal dari tahun 2019 menjadi pemenang produksi gula merah di PLUT.

“Dan selanjutnya kami tekuni sampai menjadi sebuah usaha yang berkembang, dibulan bulan selanjutnya saya mengikuti kurasi di Surabaya dan dilanjut kurasi di Eropa tapi karena kondisi saat itu terhalang COVID-19 jadi belum bisa ke eropa,”jelasnya.

Panji Coconut Chips merupakan pionir pertama olahan keripik kelapa yang ada di Pacitan, dan untuk distribusi nya sendiri sudah mampu menembus beberapa kota besar salah satunya yaitu DI Yogyakarta.

Selama pandemic, Veranika sendiri menggunakan media online untuk memasarkan produknya karena tempat pusat oleh oleh saat itu kebanyakan tutup.

Sementara, untuk distribusi di area Pacitan sendiri difokuskan pada pusat oleh-oleh dan saat ini juga melalui via online seperti website dan instagram.

“Untuk luar negeri sendiri kami juga pernah mengirim produk ini sebagai sampel seperti di negara Korea dan Turki,”tandasnya.

Untuk keripik kelapa ini sendiri mampu bertahan 6- 8 bulan didalam kondisi kedap karena ketika keluar dari oven harus langsung dikemas dan tidak boleh terlalu lama di ruang terbuka. Keripik kelapa ini ada banyak farian seperti coklat, vanila, doger, original, dan jahe.

Saat dicoba, olahan keripik kelapa ini enak dan tidak terlalu manis, untuk harga per kemasan berkisar dari Rp15 ribu hingga Rp20 ribu.

Melalui proses pembinaan kedepan ini produk Panji Coconut Chips menggunakan logo produksi baru dan juga dengan kemasan premium, sasaran pemasaran sendiri adalah kota kota di luar Kota Pacitan.

Ditulis oleh Tim PKL STKIP PGRI Pacitan
Dita Rahmawati dan Findy Viola Oktavia