Bikin Ngiler, Sajian Nikmat Mie Tobat dan Es Insyaf Nanggungan Pacitan

oleh -Dibaca 3.799 kali
Kedai Tobato Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Apakah Anda pencinta kuliner pedas?  Jika iya, kuliner menu Mie Tobat dan Es Insyaf dapat anda masukkan ke dalam daftar menu wisata kuliner yang wajib Anda cicipi. Di Kabupaten Pacitan tepatnya di Desa Nanggungan, menu mie tobat dan es insyaf dapat menjadi pilihan wisata kuliner yang siap menggoyang lidah para pengunjungnya.

Wisata kuliner Mie Tobat dan Es Insyaf yang baru satu bulan didirikan ini dapat ditemukan di Kedai Tobato yang berlokasi di Desa Nanggungan tepatnya di perumahan belakang gudang enggal (masuk Gang Satreyan 100 m). Kedai yang terkenal dengan sajian mie tobat dan es insyaf ini menyuguhkan kuliner yang cukup unik dan nama makanan yang menarik perhatian masyarakat.

Kedai Tobato ini menyajikan berbagai macam menu makanan yang nikmat dan bikin ketagihan. Adapun menu yang disajikan seperti mie tobat, nasi ayam krawu khas Gresik, dan nasi ayam bakar. Camilannya terdiri dari kebab, pangsit goreng, telur gulung, dan pempek udang. Minumannya pun tak kalah menarik seperti es insyaf, es kapok, es jeruk, es teh, dan kopi. Serta tambahan toping untuk menunya seperti telur, pangsit ayam/kriuk, pentol, dan daging asap.

Di kedai ini menyajikan menu utama yang paling diminati banyak orang, yakni mie tobat dan es insyaf. Menu mie tobat ini yang paling menarik dari menu makanan lainnya, terutama dari namanya. Penamaan yang unik pada mie tobat dan es insyaf bukanlah tanpa alasan.

Menurut pemilik Kedai Tobato, Iin, pemberian nama pada kuliner tersebut dilakukan agar para pengunjung setelah mencicipi makanan pedas tersebut diharapkan senantiasa mengingat kepada Allah SWT.

Selain itu, pemberian nama yang unik tersebut juga atas saran dari anak pertamanya yang sedang menempuh pendidikan di pondok pesantren Gresik agar tidak menamai menu makanan yang kelewat aneh, contohnya seperti mie setan dan mie iblis. Wah, alasan yang cukup menarik bukan? 

Adapun sajian menu mie tobat tentu menggunakan bahan utama berupa mie dan sambal dengan level pedas 0-5. Topingnya terdiri dari pentol atau bakso, daging asap, taburan daging ayam, pangsit goreng kriuk, taburan bawang goreng, daun bawang, dan selada. Bagi pencipta kuliner rasanya tidak afdhol kalau belum mencicipi sajian nikmat dari mie tobat tersebut. 

Selain dari namanya yang unik, cita rasa kuliner mie tobat juga tak kalah nikmat dengan menu mie yang lain. Level kepedasan mie tersedia mulai level 0 hingga level 5 akan memudahkan pengunjung dalam pemilihan tingkat kepedasan. Sehingga, pengunjung yang tidak terlalu suka pedas hingga pengunjung pencinta pedas bisa saling menikmati.

Rasa pedas yang disajikan tidak serta merta ‘full cabai’, sehingga tidak akan mematikan rasa gurih pada mie. Tambahan berbagai toping seperti daging asap, bakso, dan taburan daging menambah kelezatan dan cita rasa yang dihasilkan begitu meriah di mulut saat menyantapnya.

“Yang membedakan mie tobat dengan mie yang lain selain dari namanya juga dari resepnya. Saya asli Gresik dan suami asli Pacitan, jadi itu perpaduan dan kami gabungkan resep mie Gresik dan mie Pacitan. Jadi, tentunya tak kalah nikmat,” tutur Iin kepada TIM PKL STKIP PGRI Pacitan pada Kamis (10/2/2022).

Tak hanya menu makanan saja, menu minuman yang disajikan di Kedai Tobato ini juga menyita perhatian banyak orang, terutama es insyaf dan es kapok. Kedua minuman tersebut sebagai pelengkap dan penyempurna sajian mie tobat.

Tak hanya dari namanya saja yang terdengar unik, kandungannya pun tak kalah menarik. Es insyaf merupakan minuman dengan kandungan buah kawis segar asli Gresik yang disajikan dengan jelly, agar-agar, dan pewarna minuman alami khas Gresik yang ditambah dengan es. Sehingga, menambah kesegaran saat menikmatinya.

Sedangkan es kapok adalah minuman dengan kandungan susu dan jelly coklat dengan rasa sirop moka yang creamy, serta tambahan es yang tentu menggiurkan lidah para penikmatnya.

“Kalau dari es insyaf dan es kapok di Pacitan belum ada soalnya. Jadi kami buat dengan keistimewaannya es insyaf terbuat dari buah kawis khas Gresik dan pewarna minumannya khas Gresik juga dan yang jual juga sangat langka,”jelasnya.

Buah kawista atau lebih dikenal dengan buah kawis merupakan sejenis buah jeruk yang  hidup bergerombol dan menempel di pohon. Buah sebesar bola kasti ini berbentuk bulat, berkulit keras, sedikit bersisik, dan berwarna coklat. Daging buahnya berbau harum dan berwarna coklat kehitaman.

Buah yang dijuluki sebagai ‘cola van java’ ini memiliki khasiat yang luar biasa, diantaranya mengandung protein, serat, dan vitamin yang penting bagi kesehatan tubuh manusia.

“Buah kawis itu bagus banget khasiatnya. Kalau orang habis minum es insyaf itu bisa mengeluarkan keringat, gitu. Tinggi serat juga bagus buat pencernaan. Selain itu kan rasanya juga segar dan baunya harum banyak yang orang suka,”tambah Iin.

Selain mendapatkan kesegaran dan menghilangkan dahaga, para penikmat es insyaf juga mendapatkan banyak manfaat dari kandungan buah kawis ini.

Untuk menikmati berbagai macam menu kuliner di Kedai Tobato ini, para pengunjung tidak perlu merogoh koceknya dalam-dalam. Harga yang dipatok untuk sajian nikmat di Kedai Tobato ini sangat terjangkau. Untuk mencicipi menu makanannya, harga dipatok mulai Rp10 ribu. Sedangkan untuk menu minumannya, harga dipatok mulai Rp3 ribu hingga Rp7 ribu.

Kedai Tobato ini buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB. Sehingga, kesempatan untuk merasakan santapan nikmat di kedai ini cukup panjang. Mengingat lokasinya yang mudah ditemukan, Kedai Tobato ini menjadi wisata kuliner yang harus disinggahi oleh para pengunjung.

Cita rasa hotel bintang lima dan harga kaki lima tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi para penikmatnya.

Ditulis oleh Tim PKL STKIP PGRI Pacitan
Al Rifa Rahayu Dianthi dan Imam Tamami

No More Posts Available.

No more pages to load.