PDHI Dorong Pemkab Tambah Pusat Layanan Kesehatan Hewan di Pacitan

oleh -Dibaca 256 kali
Pelayanan kesehatan (Yankes) kesehatan hewan terpadu dengan tajuk “Hewan Sehat Peternak Bahagia” pada Rabu (13/10/2021) di Dusun Kendal, Desa Tumpuk, Kecamatan Bandar. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITANPerhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Pacitan mendorong pemerintah daerah untuk menambah  Pusat  Kesehatan Hewan  di Pacitan.

Ketua PDHI Pacitan, Mahendra Setyo Hantoro, mengungkapkan jika di evaluasi selama ini masih ditemukan penyakit penyakit berbahaya di tubuh hewan ternak Pacitan.

“PDHI Pacitan berharap di tahun 2022 ini (pusat layanan kesehatan hewan) dapat semakin ditingkatkan, karena beberapa kasus penyakit masing ditemukan di Pacitan,”kata Mahendra saat dikonfirmasi Pacitanku.com pada Selasa (25/1/2022) di Pacitan.

Selain dorongan penambahan pusat layanan kesehatan hewan, PDHI juga berharap pemerintah daerah dapat memfasilitasi upgade sumberdaya untuk dokter-dokter hewan di Pacitan.

Ketua PDHI Pacitan Mahendra Setyo Hantoro (dua dari kiri, tidak bertopi). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

“Penguatan fasilitasi di tiap kecamatan perlu ada sarana tempat untuk pemeriksaan hewan di Pacitan, penambahan pusat kesehatan hewan tentu kita harapkan dapat ditambah di Pacitan,”kata Mahendra.

Sehingga, Mahendra mengatakan pihaknya sangat berharap bisa ada pelayanan yang semakin tumbuh di masyarakat.

“Dan untuk rekan-rekan dokter hewan digiatkan kembali untuk dapat bersinergi dengan pemerintah dan adanya kemampuan kapasitas sumberdaya dokter hewan di Pacitan,”ujar dia.

Mahendra juga mengungkapkan jika berkembangnya ilmu pengetahuan hewan tentu harus di tangkap pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil produksi daging di Pacitan.

“Upgrade ilmu di beberapa teknis hewan tentu diantaranya hal-hal yang menyangkut kesehatan hewan ternak di Pacitan, dan penambahan fasilitas kesehatan hewan,”pungkasnya.