Pacitan Mulai Lakukan Vaksin Booster, Gelar Soft Launching di Kecamatan Bandar

oleh -Dibaca 422 kali
VAKSINASI BOOSTER. Bupati pacitan saat menghadiri vaksinasi booster di Kecamatan Bandar pada Kamis (13/1/2022). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, BANDAR – Kabupaten Pacitan mulai melakukan vaksinasi booster untuk umum mulai Kamis (13/1/2022). Izin pemberian dosis lanjutan ini diberikan karena capaian vaksinasi Kabupaten Pacitan sudah memenuhi prasyarat yang ditentukan. Yakni, minimal 70 persen dosis 1 dari total populasi serta 60 persen dosis satu untuk lansia.

“Kabupaten Pacitan secara umum sudah di level satu karena vaksinasi sudah 85 persen, lansia 64 persen lebih dan anak usia 6-11 tahun sudah 85 persen. Ini semua tentu berkat kerja keras kita semua mulai tenaga kesehatan kecamatan, kepolisian, TNI serta kepala desa sebagai ujung tombak,” kata Bupati Indrata Nur Bayuaji saat Soft Launching Vaksinasi Booster Kabupaten Pacitan di Kecamatan Bandar, mengutip laman Prokopim Pacitan.

Vaksin booster adalah dosis vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit. Hal ini karena efek beberapa vaksin dapat hilang seiring berjalanya waktu. Jenis vaksin booster yang  terekomendasi adalah Aztrazeneca, Pfizer dan Moderna.

“Monggo kita sukseskan vaksin ketiga ini, dan suatu kehormatan buat Kecamatan Bandar karena soft launchingnya kita lakukan disini,” kata Bupati lebih lanjut.

Bupati berharap seluruh pihak bisa menyukseskan vaksinasi tahap tiga ini sebagai bentuk perlindungan masyarakat. Sehingga tatanan perekonomian dapat segera pulih.Terlebih, munculnya varian covid 19 omicron yang tingkat sebarannya lebih cepat, Bupati minta masyarakat disiplin menjaga protokol kesehatan khususnya memakai masker.

Launching Vaksin Booster di Kecamatan Bandar merupakan rangkaian agenda kerja Bupati di wilayah yang terkenal dengan potensi agropolitan itu. Usai acara launching, Bupati akan melakukan kegiatan-kegiatan di kantor kecamatan serta menggelar sholawat, doa bersama dan santunan anak yatim pada malam harinya.