Refleksi Akhir Tahun 2021, Wagub Emil Dardak Terima Masukan dari Para Admin IG

oleh -Dibaca 5,462 kali
Wakil Gubernur Jawa Timur menggelar webinar dengan para influencer admin instagram se-Jatim. (Foto: Dok, Pemprov Jatim)

Pacitanku.com, SURABAYA – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri webinar “Refleksi 2021 dan Proyeksi 2022” yang diselenggarakan oleh influencer admin Instagram seluruh Jawa Timur pada Senin, (27/12/2021).

Dalam agenda tersebut, para influencer terlihat aktif dalam mengutarakan berbagai masukan dan aduan dari masyarakat yang masuk melalui kanal media sosial milik mereka.

Sebaliknya, Wagub Emil tampak dengan sabar dan telaten mencermati dan merespon satu persatu aspirasi dan uneg-uneg yang disampaikan oleh netizen, bahkan sempat langsung menghubungi instansi terkait untuk mengkoordinasikan tindak lanjutnya.

Seperti saat Emil mengecek langsung dengan kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Kementerian PUPR mengenai dugaan ditutupnya pintu air bendung gerak Sembayat Gresik sebagai penyebab banjir di Lamongan, dimana Emil langsung mendapat kepastian bahwa pintu air justru telah dibuka sebesar 800cm.

Awalnya, Hendri admin @lamongan.update menduga bahwa banjir yang terjadi di lamongan itu salah satunya disebabkan ditutupnya Bendung Gerak di Desa Sembayat Gresik.

“Terkait Bendung Gerak di Desa Sembayat, ketika air banjir di lamongan menggenang, bendungannya itu justru ditutup, jadi akhirnya air gabisa keluar mengalir ke bengawan solo,” jelasnya.

Dugaan tersebut direspon cepat oleh Emil dengan mengecek langsung Kepala BBWS Bengawan Solo untuk memastikan kebenaran ditutupnya Bendung Gerak Sembayat saat hujan.

“Pariwisata sudah dibuka kembali bulan November, tetapi kunjungan wisatawan masih minim, kami berharap Pemprov dapat membantu promosi tempat wisata terutama yang ada di desa-desa,” ujar Dwi perwakilan dari admin @pacitanku.

Dalam dialog terbuka tersebut, Wagub Emil menanggapi hal tersebut dengan positif. Melalui Pemprov Jatim, dirinya siap mendukung dalam mempromosikan sektor pariwisata yang ada di Pacitan dan seluruh Jatim.

“Baik terima kasih atas masukannya, tentunya Pemprov Jatim senantiasa berkomitmen mendukung sektor pariwisata yang ada di pedesaan,” ulas Emil.

Sementara itu, Arif admin @info_tuban juga menyampaikan bahwa beberapa jalan milik provinsi sudah diperbaiki dengan baik hingga mendapat apresiasi dari warga Tuban.

“Terkait jalan provinsi sudah ada perbaikan dan diapresiasi oleh warga Tuban karena jauh sekali perbedaannya dibandingkan tahun tahun sebelumnya,” ungkapnya

Selain respon positif dari masyarakat, Arif juga menerima aduan yang masuk dari masyarakat terkait molornya penanganan PLN di Tuban.

“Sebenanrya perbaikan itu adalah hal yang wajar, tetapi seringkali perbaikannya itu molor dan selalu lebih dari yang dijadwalkan,” kata Arif.

Selain itu, Irwan Admin IG @infogresik juga mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat gresik membutuhkan kejelasan terkait kebutuhan tenaga kerja untuk Pabrik Smelter PT Freeport Indonesia yang beberapa waktu lalu sempat dihadiri Presiden Jokowi saat Groundbreaking.

“Sekarang ini, masyarakat Gresik butuh kejelasan terkait kebutuhan tenaga kerja Smelter Gresik,” pungkas Irwan.

Irwan juga menambahkan bahwa masyarakat sering mengeluhkan air PDAM yang seringkali macet bahkan hampir tiap hari.

“Keluhan air PDAM di Gresik yang semakin sering terjadi bahkan hampir setiap hari,” tambahnya.

Tak mau ketinggalan, Deny admin @info.ponorogo juga menceritakan uneg-uneg masyarakat bahwa banyak truk pengangkut pasir yang verload melintasi jalan penghubung desa hingga membuat jalan rusak.

“Di sekitar tambang pasir, dan terlihat overload dari truk truk yang memuat pasir (lokasi arah Ngebel),” imbuhnya.

Berbagai saran dan kejadian yang telah disampaikan para influencer akan dikoordinasikan oleh Emil kepada jajaran Pemprov Jatim agar segera ditindaklanjuti.

Webinar Wagub Jatim dengan para influencer se-Jatim.

“Intinya begini, kita berharap bahwa yang menjadi masukan dari rekan rekan ini bisa saya teruskan dan ditindaklanjuti bagi rekan rekan pemprov. Bahwa ini snapshot masukan dari rekan rekan semua di Jatim,” ucap Mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Menurutnya, berbagai masukan yang dibeberkan rekan-rekan influencer seluruh Jatim adalah sebuah refleksi akhir tahun 2021 bagi Emil.

“Tentunya, hal hal seperti ini bisa menjadi refleksi akhir tahun, bagi saya dan kita semua” tegasnya.

Emil berharap pada tahun 2022, pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali dan ekonomi masyarakat akan kembali pulih.

“Diawal 2022 kita akan mengawali ekonomi kita dengan kondisi lebih baik sedikit sebelum covid-19 artinya kondisi ekonomi kita akan kembali seperti sebelum terjadinya Covid-19,” katanya.

Terakhir, Suami Arumi Bachsin ini juga sempat menyinggung mengenai rencana dibukanya kembali penerbangan Internasional di Bandara Juanda Surabaya. Oleh sebabnya, ia berharap ada dukungan anggaran dari pemerintah pusat terkait hal tersebut.

“Nah, ini Jatim diminta membuka penerbangan internasional kembali, tentu kita harus melakukan karantina dan tidak mungkin menggunakan anggaran dari pemprov jadi kita berharap ada bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat supaya bisa melakukan karantina secara efektif” tutup Emil.

Sebelumnya, diketahui bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya ke Bandara Juanda (26/12) mengutarakan bahwa penerbangan internasional di Bandara Juanda akan segera dibuka dalam waktu dekat.