Siswa SDIT Ar-Rahmah Sisihkan Uang Jajan Bantu Sumbang Korban Erupsi Semeru

oleh -Dibaca 456 kali
DONASI SEMERU. Siswa-siswi SDIT Ar-Rahmah donasi korban erupsi Semeru dengan menyisihkan uang jajan. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ar-Rahmah Pacitan menyisihkan uang jajan membantu korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kepala SDIT Ar-Rahmah Sopingi dalam keterangannya, Jumat (10/12/2021) di Pacitan mengatakan kegiatan ini digelar untuk memantik kepedulian siswa dan juga bentuk rasa saling peduli sesama bangsa.

“Ya, ini bentuk kepedulian civitas SDIT Ar-Rahmah Pacitan untuk saudara yang terdampak erupsi gunung Semeru,”kata Sopingi.

Lebih lanjut, Sopingi berharap donasi yang digalang oleh siswa SDIT Ar-Rahmah itu menjadi penyemangat saudara terdampak erupsi Semeru. “Walaupun hanya sedikit kami berharap ini dapat menjadi pemacu semangat masyarakat sekitar Semeru yang terdampak,”jelasnya.

Sopingi mengatakan, nantinya donasi yang terhimpun akan di titipkan melalui lembaga pendidikan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Jawa Timur.

Untuk diketahui, Gunung Semeru yang berada di dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.20 WIB. Erupsi Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh serta asap pekat berwarna abu-abu.

Data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (9/12/2021), jumlah korban meninggal dari erupsi Gunung Semeru bertambah total 43 orang. Sementara itu, warga luka-luka ada 104 orang, dengan rincian 32 orang mengalami luka berat dan 82 lainnya luka sedang.

Selain korban meninggal dan luka, kerusakan dan kerugian yang dihimpun meliputi 31 fasilitas umum terdampak, hewan ternak sapi 764 ekor, kambing/domba 648 ekor dan unggas 1.578 ekor.

Saat ini, lokasi pengungsian juga mengalami peningkatan menjadi 121 titik pengungsian untuk korban erupsi Semeru.