Cegah Banjir Kota, Warga Ploso Pacitan Lakukan Normalisasi Saluran Air

oleh -Dibaca 498 kali
Kelurahan Ploso gelar bersih-bersih pada Jumat (10/12/2021). (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Intensitas hujan yang tinggi, perubahan suhu dan iklim, adalah salah satu penyebab bencana alam dan wabah penyakit.

Saluran air yang tergenang, sampah yang menumpuk merupakan rumah ideal bagi nyamuk dan wabah wabah penyakit seperti demam berdarah dan chikungunya.

Bukan hanya itu luapan air karena intensitas hujan yang tinggi pun adalah syarat terjadinya banjir.

Menyikapi hal tersebut, kepala kelurahan Ploso, bersama dengan intstansi terkait, seperti TNI, Polri, dinas lingkungan hidup, PUPR, BPBD, satpol PP, Damkar, perusahaan swasta, dan anggota DPRD, serentak melakukan giat jumat bersih normalisasi saluran air.

Truk pengangkut sampah, truk damkar, dan alat berat pun diiturunkan dalam rangka membersihkan sampah disungai dan mengeruk endapan lumpur agar saluran air kembali lancar.

“Kami lakukan bersama sama dengan masyarakat. Tidak lain untuk cegah Banjir, cegah penyakit, sehingga kesehatan masyarakat bisa terjaga,”kata Kepala Kelurahan Ploso, Faizal Nurul Huda, Jumat (10/12/2021).

Kegiatan bersih bersih ini juga merupakan tindakan antisipasi dari menyebarnya chinkungya dan demam berdarah.

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati, setidaknya itu usaha kami perangkat kelurahan Ploso untuk menjaga kesehatan masyarakat,”pungkas kepala kelurahan kepada pewarta.