LGOTA Pacitan Salurkan Santunan untuk Anak Asuh Yatim Piatu Terdampak Pandemi

oleh -Dibaca 383 kali
Ketua LG-OTA Pacitan Efi Suraningsih saat memberikan santunan kepada anak yatim terdampak pandemi di Pacitan. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITANLembaga Gerakan Orang Tua Asuh (LGOTA) Kabupaten Pacitan menyalurkan bantuan untuk anak asuh yatim piatu terdampak pandemiCOVID-19 di Kabupaten Pacitan.

Bantuan simbolis diserahkan langsung ketua LGOTA Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih kepada 106 anak untuk wilayah Kecamatan Pacitan, mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA/SMK sederajat di Halaman Wingking (Halking) Pendopo Kabupaten.

“Saya sampaikan terimakasih untuk semua pihak terutama para ASN yang telah peduli untuk membantu dan mencukupi kebutuhan serta pendidikan anak-anak terdampak COVID-19,”kata perempuan yang akrab disapa Efi ini, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Selainitu, istri Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji itu juga memberikan pesan khusus agar mereka tetap semangat dan belajar supaya berprestasi.

Jumlah anak asuh yatim piatu terdampak COVID-19 penerima santunan se-Kabupaten Pacitan tahun ini sebanyak 306 anak. Masing-masing anak akan menerima santunan sebesar Rp 400 ribu dengan total santunan mencapai Rp122,4 juta.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan Sunaryo mengatakan pada tahun 2021 LGOTA mengelola dana hibah dan dana program peduli LGOTA.

“Khusus untuk hibah semuanya kita peruntukkan untuk santunan anak asuh terdampak COVID-19 sekaligus ditambah dana peduli LGOTA,”kata dia.

Menurut Sunaryo tahun 2021 LGOTA menerima dana hibah dari Pemerintah kabupaten Pacitan sebanyak Rp.68 juta sedangkan dana peduli LGOTA sebanyak Rp54,4 juta.

Selain itu, sumber dana lain adalah peduli LGOTA sendiri dihimpun dari donasi para ASN diluar zakat serta pihak-pihak lain yang peduli. Penyaluran santunan anak asuh yatim piatu terdampak COVID-19 dilaksanakan bertahap di 12 kecamatan.