Disparpora Pacitan Uji Coba Tiket Pembayaran Non Tunai di Destinasi Wisata

oleh -Dibaca 443 kali
Disparpora Pacitan uji coba pembayaran dengan QRIS di destinasi wisata Goa Gong pada Selasa (7/12/2021) lalu. (Foto: Dok Pemkab/Disparpora Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga melakukan uji coba e-ticketing berbasis Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di destinasi wisata Goa Gong, Desa Bomo, Kecamatan Punung pada Selasa (7/12/2021).

Sebagai informasi, QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dalam pelaksanaannya, Disparpora Pacitan menggandeng Bank Jatim melakukan pendampingan dan pemantauan kepada petugas lapangan dalam penggunaan e-ticketing non tunai.

Setelah uji coba e-ticketing atau payment ini selesai, Disparpora akan melakukan evaluasi jika ada kekurangan agar sistem yang digunakan benar-benar siap untuk masyarakat.

“Pembayaran non tunai ini kami kerjakan dengan Bank jatim dengan tujuan mencegah kebocoran yang ada,”kata Kepala Disparpora Pacitan Tengku Andi Faliandra, seperti dikutip dari laman Pemkab Pacitan pada Kamis (9/12/2021).

Selain itu, pria yang akrab disapa Andi ini menuturkan, system pembayaran QRIS ini juga akan memudahkan pelanggan dalam mempercepat pembayaran.

“Juga dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 melalui uang tunai,”tandasnya.

Kedepannya pembayaran e-ticketing menggunakan QRIS ini akan diberlakukan di semua destinasi wisata di Kabupaten Pacitan, khususnya pada 9 destinasi wisata yang dikelola Pemkab Pacitan.

Diharapkan penggunaan e-ticketing ini dapat memudahkan pengunjung dengan pembayaran non tunai melalui e-money seperti ovo, link-aja, gopay dan sejenisnya.