Permudah Transaksi di Tempat Wisata, BNI Pacitan dan AP3 Luncurkan Qris

oleh -Dibaca 575 kali
BI Kediri dan AP3 serta Disparpora Pacitan saat meluncurkan Qris di Parai Teleng Ria. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dalam rangka meningkatkan layanan terhadap masyarakat, khususnya pengunjung tempat wisata, Asosiasi Pelaku dan Penggiat Pariwisata Pacitan (AP3), bekerja sama dengan bank BNI cabang Pacitan meluncurkan Quick Respon Code Indonesia Standart (Qris), layanan pembayaran berbasis jaringan.

Qris adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QRcode. Layanan ini sebagai alat mempermudah wisatawan dalam melakukan transaksi di tempat wisata yang dikunjungi.

“Wisatawan tidak perlu bawa uang tunai banyak-banyak, gunakan layanan ini untuk proses transaksinya. Tidak berisiko dan aman,”kata Ary Misdianto, kepala BNI cabang Pacitan, Rabu (1/12/2021).

Kerjasama peluncuran layanan Qris, dilakukan bersama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, AP3, BNI cabang Pacitan, dan Perwakilan Bank Indonesia (BI) wilayah Kediri.

“Layanan QRIS itu mengunakan metode QR code dari bank Indonesia. Layanan ini kami hadirkan di beberpa tempat wisata di area Kediri Raya termasuk kabupaten Pacitan. Jadi kami berjejaring dengan antar tempat wisata di beberpa kota kabupaten,”jelas Pelaksana Tugas (Plt) kepala Bank Indonesia wilayah Kediri, Wihujeng Ayu Rengganis.

Di tempat yang sama, ketua AP3 Pacitan, Ronny Widya Kurniawan, menambahkan, selain kerjasama layana QRIS, Bank indonesia juga luncurkan paltform bernama Wisatakemari.com, yang digunakan sebagai media promo dan pemasaran destinasi wisata daerah.

“Saat ini  kami bersama BI juga melakukan kegiatan pelatihan optimalisasi platform wisatakemari.com. Ya tujuannya tidak lain untuk mendukung peningkatan pariwisata daerah,”jelas Ronny saat menghadiri sosialisasi QRIS dan pelatihan optimalisasi platform wisatakemari.com, di Parai Teleng Ria beach dan resto.