Mantap, Pacitan Raih Dua Penghargaan KI Awards 2021

oleh -Dibaca 682 kali
Mantap, Pacitan Raih Dua Penghargaan KI Awards 2021. (Foto: Dok. Pacitanku/Purnomo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan meraih dua penghargaan dalam Penganugerahan Keterbukan Informasi Publik “KI Awards  Tahun 2021” yang digelar secara virtual, Rabu (1/12/2021)  dibuka oleh Kadis Kominfo Provinsi Jatim Hudiyono mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Dua penghargaan yang ditorehkan Pacitan itu adalah kategori Pengelola dan Pendokumentasian Informasi terbaik dan Badan Publik Informatif Kategori A dengan score 98 Tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji dalam unggahannya di Instagram mengapresiasi capaian membanggakan Pacitan jelang akhir tahun ini.

“Syukur Alhamdulilah kepada Allah SWT, Saya sangat mengapresiasi dan bangga mendapat kepercayaan dari Komisi Informasi Jawa Timur bahwa Kabupaten Pacitan tahun ini mendapat 2 nominasi KI Awards 2021, terimakasih kepada seluruh Perangkat Daerah,”kata Bupati Aji.

Bupati mengatakan penghargaan ini diharapkan bisa menjadi jembatan sinergi antara Pemerintah dan masyarakat.

“Dan tentunya ini kepercayaan dari masyarakat Pacitan kepada kami sehingga bisa sinergi antara Pemerintah dan masyarakat untuk membangun Pacitan yang lebih baik yang lebih sejahtera dan bahagia,”pungkasnya,

Untuk diketahui, KI Awards merupakan penghargaan atas keterbukaan informasi publik yang diberikan kepada badan publik di wilayah Provinsi Jatim. Kegiatan ini sebagai rangkaian puncak dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan Komisi Informasi Provinsi Jatim, terkait kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan ketentuan yang diatur dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Adapun badan publik yang dievaluasi diantaranya perangkat daerah pemerintah Provinsi Jatim, pemerintah kabupaten/kota, KPU dan Bawaslu serta pemerintahan desa yang diajukan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Terdapat 6 kategori dalam penghargaan KI Awards tahun 2021 yang terdiri dari kategori penyedia informasi setiap saat terbaik, kategori penyedia informasi berkala terbaik, kategori pengelola dan pendokumentasian informasi publik terbaik, badan publik menuju informatif, badan publik informatif dan mitra strategis.

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Provinsi Jatim menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada segenap jajaran Komisi Informasi Jatim yang terus berupaya memberikan edukasi terkait keterbukaan informasi kepada seluruh badan publik yang ada dilingkungan Pemprov Jatim.

Kegiatan penganugerahan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi badan publik untuk terus berbenah dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik sesuai dengan amanat UU no. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Keterbukaan informasi publik menjadi hal yang sangat penting untuk mewujudkan good governance dalam mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, partisipatif dan akuntabel. Keterbukaan informasi publik dinilai menjadi faktor utama dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas. Maka tidak ada alasan bagi badan publik baik Pemprov, Pemkab/Kota, Pemdes, KPU dan Bawaslu untuk tidak menjalankannya. 

Gubernur juga mendukung Komisi Informasi untuk terus eksis dalam mengedukasi badan publik dan masyarakat tentang keterbukaan informasi dan menginginkan agar Komisi Informasi Jatim terus memotret dinamika keterbukaan informasi publik pada setiap badan publik di Jawa Timur, khususnya badan publik pemerintah.