Pacitan Komitmen Menuju Smart City Dukung Kawasan Bromo Tengger Semeru

oleh -Dibaca 357 kali
KOMITMEN CMART CITY. Kabupaten Pacitan berkomitmen mendukung BTS smart city. (Foto: Dok. Disparpora Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan berkomitmen menuju smart city dalam mendukung Kawasan strategis Bromo, Tengger, Semeru. Komitmen tersebut ditandai dengan komitmen bersama Bersama Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo pada Kamis (2/12/2021) di Kota Malang.

Dalam acara tersebut, Bupati Pacitan yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kabupaten Pacitan, Tengku Andi Faliandra menandatangani komitmen bersama yang juga ditandatangani oleh Kota Malang, Kota Pasuruan dan Kota Probolinggo.

Sesuai apa yang sudah ditandatangani, Pemerintah Kabupaten Pacitan berkomitmen dalam menuju Smart City sebagai salah satu kabupaten penyangga kawasan strategis Bromo Tengger Semeru (BTS).

“Sementara ini, kami terus memperbaiki pelayanan publik terutama bidang informasi yang akan konsisten update berita informasi dan wisata melalui beberapa platform media sosial,”kata Andi, mengutip laman Disparpora Pacitan.

Andi mengatakan, daerah penyangga Bromo Tengger Semeru akan terus bekerjasama, berkolaborasi dan berkomitmen dalam menuju Smart City, agar terlaksana perbaikan pelayanan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Pacitan.

“Insyaallah Kabupaten Pacitan akan terus berkolaborasi dengan kawasan penyangga BTS dalam menuju smart city yang nantinya akan berdampak baik untuk masyarakat,”kata dia.

Untuk diketahui, Kabupaten Pacitan merupakan 48 Kota di Indonesia yang mendapatkan pendampingan dari Kemenkominfo RI untuk menyusun Master Plan Smart City. Sehingga Kemenkominfo menggelar acara Forum Group Discussion (FGD) Kawasan Bromo Tengger Semeru di tempat yang sama.

Dalam sambutannya, Erik Setyo Santoso, Sekda Kota Malang menyebutkan Kabupaten Pacitan adalah salah satu kawasan penyangga kawasan strategis Bromo Tengger Semeru yang memiliki potensi luar biasa untuk pengembangan smart city, smart governance, smart economy dan smart branding.

Dengan adanya kesempatan FGD ini, diharapkan dapat menyamakan mindset dalam mendukung kawasan strategis Bromo Tengger Semeru.

Tidak hanya dalam segi infrastruktur fisik, tetapi juga menyiapkan fasilitas lain seperti platform digital.

Paling utama adalah kesiapan masyarakat didalamnya, sehingga Kabupaten/Kota penyangga Bromo Tengger Semeru mendapatkan manfaat pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Video Film Pendek – Pacitan The Heaven of Indonesia