Kecamatan Nawangan Berpeluang Jadi Juara SP2K Tingkat Provinsi Jatim

oleh -Dibaca 417 kali
Wabup Gagarin saat meninjau penilaian tinjau lapang di Kecamatan Nawangan Senin (29/11/2021). (Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan berpeluang menjadi yang terbaik di Jawa Timur dalam penilaian Sinergitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan (SP2K). Kesempatan tersebut sangat terbuka mengingat Nawangan telah masuk 5 besar nominasi tingkat provinsi.

Menindaklanjuti penilaian berjenjang mulai dari tingkat kabupaten hingga Provinsi, tim penilai, Senin (29/11) melakukan  penilaian tinjau lapang di Kecamatan Nawangan. Didampingi Wakil Bupati Pacitan Gagarin, tim penilai tingkat provinsi yang beranggotakan 9 orang dari berbagai instansi melakukan verifikasi  untuk melihat secara konkrit  kondisi sebenarnya di lapangan.

“Penilaian SP2K ini kita lakukan berjenjang mulai dari kabupaten kota sampai tingkat Provinsi.  Di tingkat provinsi tim penilai melakukan penilaian terhadap 32 kecamatan  yang lolos kita ambil 10 dan dari sepuluh dipilih  5. Skor tertinggi jadi finalis dan Kecamatan Nawangan menjadi salah satu finalis jadi lima ini sudah juara sebenarnya,” kata Ketua Tim Penilai Provinsi  Jawa Timur Suryanto, mengutip laman Humas Pemkab Pacitan.

Suryanto menambahkan, SP2K dilaksanakan dalam rangka optimalisasi peran dan fungsi kecamatan dalam mewujudkan kecamatan cipta yang kreatif dan inovatif dalam rangka pelayanan dasar, pemberdayaan masyarakat dan penguatan ekonomi lokal.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menguji hasil evaluasi kinerja  kecamatan 2020 yang dilakukan kabupaten/kota . Lebih khusus lagi bertujuan untuk  identifikasi  inovasi kecamatan  yang layak untuk dikembangkan menuju kompetisi inovasi pelayanan publik.

Ada lima aspek penilaian dalam SP2K diantaranya aspek inovasi, aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek perekonomian serta pemberdayaan masyarakat dan administrasi pemerintahan.

Sementara, Wakil Bupati Pacitan Gagarin dalam sambutannya mengatakan, penilaian SP2K  ini merupakan bentuk perhatian Provinsi Jawa Timur untuk support kinerja kecamatan. 

Wabup sangat mengapresiasi dan bangga  karena Kecamatan Nawangan bisa masuk lima besar nominasi terbaik tingkat provinsi dan berharap menjadi yang terbaik.