Kadisparpora Harapkan Watumejo Park Pacitan Jadi Destinasi Wisata Baru Berbasis Education Tourism

oleh -Dibaca 379 kali
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta relawan dan masyarakat, Minggu (28/11/2021) siang. (Foto: Dok. Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pacitan Tengku Andi Faliandra menjadi salah satu diantara banyak elemen masyarakat yang turut menjadi saksi launching Watumejo Mangrove Park di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan pada Ahad (28/11/2021).

Selain menjadi pusat pengembangan tanaman mangrove, Watumejo Mangrove Park juga diharapkan menjadi destinasi wisata baru berbasis edukasi di Pacitan.

“Ini kami berada di obyek wisata baru berbasis education tourism, yang dikelola oleh desa, anda bisa hadir disini bersama keluarga,”kata pria yang akrab disapa Andi ini, dalam video yang diunggahnya, Ahad sore.

Untuk diketahui, Watumejo Mangrove Park di Desa Berdaya Kembang, Pacitan ini merupakan Desa Tangguh Pesisir yang dibina oleh Rumah Zakat. Program ini berbasiskan lingkungan, yaitu dengan memperbaiki habitat mangrove yang fungsinya sebagai vegetasi alam dalam menahan gelombang Tsunami.

Disisi lain, Rumah Zakat mendampingi masyarakatnya terkait kesiapsiagaan bencana yang meliputi penggunaan tas siaga di skala keluarga, pembuatan peta evakuasi, pengenalan arah jalur evakuasi, pertolongan pertama gawat darurat hingga legalisasi dokumen ketangguhan desa yang melibatkan semua elemen masyarakat Desa Kembang.

Tidak hanya itu, sektor ekonomi masyarakat juga disupport untuk memajukan komoditi lokal, antara lain budidaya bandeng, udang vaname dan makanan olahan lainnya yang dihasilkan dari desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama Wakil Bupati Pacitan Gagarin, Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santoso serta CEO Rumah Zakat Nur Efendi.