Pesilat Pacitan Juara III Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim 2021

oleh -Dibaca 2.670 kali
Juara III. Pesilat Pacitan Mirna juara III dalam turnamen pencak silat Piala Kapolda Jatim 2021. (Foto: Dok IPSI Pacitan untuk Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Atlet pencak silat dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pacitan berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam turnamen pencak silat remaja Piala Kapolda Jatim.

Salah satu atlet Pacitan berhasil meraih juara III dalam turnamen yang digelar sejak Jumat (26/11/2021) hingga Senin (29/11/2021) di di gedung Mahameru Mapolda Jatim, Kota Surabaya.

Dalam turnamen kali ini, Pacitan mengirimkan total 10 kontingen, yang terdiri dari 7 atlet, 2 pelatih dan 1 manager. Adapun atlet yang diturunkan adalah Mirna Rahayu Mainingsih (kelas C putri), Meutya Mahadewi (kelas D putri) dan Ali Urbaningsih (kelas E putri).

Kemudian untuk atlet putra adalah Putra Maulana Firmansyah (kelas G putra), Sulton fadhli Aulia (kelas F putra), Akbar Kisdiyanto (kelas D putra) dan Rofiq Abdilla Lubis (kelas E putra).

Selain 7 atlet, juga turut mendampingi adalah 2 pelatih dan 1 manager, masing-masing adalah Hamzah Yassalamu, Bowo dan manager Sukoco. Juga turut didampingi Kasat Binmas Polres Pacitan dalam turnamen tersebut.

Pelatih tim IPSI Pacitan, Hamzah Yassalamu dalam keterangannya, Senin (29/11/2021) mengatakan atlet yang berhasil ke semifinal adalah Mirna rahayu Mainingsih yang bertanding di kelas C putri.

“Alhamdulillah atlet kita (Mirna) lolos ke semifinal dan juara 3 bersama, uniknya ini rekor Pacitan pesilat Pacitan di event-event Provinsi Jatim,”kata Hamzah.

Sebelum meraih juara 3, Mirna sendiri sebelumnya sukses mengalahkan pesilat dari Kabupaten Madiun, Kabupaten Malang dan Bojonegoro.

Lebih lanjut, Hamzah mengatakan pada perhelatan sebelumnya di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) tahun 2018, Pacitan hanya lolos di babak perempat final.

“Sekarang naik di juara 3 setelah lolos di semifinal, semoga tahun depan bisa masuk ke final,”tandasnya.

Hamzah mengharapkan kedepan para pesilat Pacitan dan IPSI akan terus fokus untuk melahirkan pesilat sarat prestasi dan program pengembangan pencak silat.

Juara III. Pesilat Pacitan Mirna juara III dalam turnamen pencak silat Piala Kapolda Jatim 2021. (Foto: Dok IPSI Pacitan untuk Pacitanku.com)

“Harapannya kedepan pacitan akan terus adem ayem dan kita fokuskan ke prestasi dan program-program yang jelas,”pungkasnya.

Sebagai informasi, turnamen ini merupakan kerja sama Polda Jatim dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur dan IPSI.

Sebanyak 304 kontingen dari berbagai perguruan silat, mewakili Polres Jajaran Polda Jatim mengikuti Turnamen Pencak Silat Remaja Piala Kapolda Jatim.

Adapun untuk peserta merupakan perwakilan dari Polres jajaran menghadirkan 8 kontingen, yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri.

Turnamen Piala Kapolda Jatim ini ada 8 kategori dalam pembagian kelas pertandingan pencak silat, yakni kategori remaja putra 4 kelas dan remaja putri 4 kelas.