Ketua DPRD Pacitan Berharap Pemkab Berbenah, Siapkan Diri Tangani Bencana Alam

oleh -Dibaca 341 kali
Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono. (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan untuk berbenah dan menyiapkan menghadapi bencana alam yang kerapkali terjadi di Pacitan.

“Seperti kita ketahui, bahwasanya pada saat musim kemarau terjadi bencana kekeringan, pada saat hujan terjadi banjir dan longsor, artinya kejadian ini sudah berjalan setiap tahun dan berulang, oleh karena itu juga kami mengharapkan Pemda terus berbenah, menyiapkan diri berdasarkan pengalaman masa lalu,”kata Ronny saat dikonfirmasi awak media pada Selasa (23/11/2021) malam di gedung DPRD Pacitan.

Penyiapan diri tersebut, kata Ronny, adalah kaitannya agar bencana alam dapat diminimalisir, terutama dampak yang ditimbulkan akibat bencana tersebut.

“Agar dapatkan bencana ini bisa kita minimalkan, karena untuk menghindari bencana itu tidak bisa karena bencan alam, akan tetapi bisa minimalkan dengan mitigasi, apalbila terjadi bencana segera bisa bertindak dengan cepat sehingga kebutuhan masyarakat ini bisa segera terpenuhi,”papar legislator Partai Demokrat ini.

Terkait dengan penanganan sejumlah kejadian bencana di Pacitan, Ronny mengatakan salah satu kendala yang dihadapi Pemerintah adalah kaitannya dengan waktu.

“Seperti misalkan tanggul dibikin, ternyata tanggul disana belum selesai, karena sesuai laporan kepada BBWS Bengawan Solo, ternyata banya sekali itu sepanjang jalur sungai grindulu yang diperbaiki, akan tetapi dana terbatas, sehingga ketika diperbaiki satu sini, satu belum selesai, sudah timbul bencana lagi, kan semcama itu, ini menjadi permasalahan yang memang terus menerus ada,”jelasnya.

Selain itu, Ronny juga mengharapkan Pemkab bisa terus memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat untuk kesiapan menghadapi bencana alam.

“Minimal kita ikut memberikan pelatihan kepada masyarakrat, sehingga ketika terjadi bencana mereka juga tahu harus melakukan apa sehingga bisa meminimalkan risiko jika terjadi bencana tersebut,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.