BPBD Pacitan Bantu Terpal dan Sandbag untuk Penanganan Erosi di Pagutan Arjosari

oleh -Dibaca 407 kali
PASANG TERPAL. Waarga dan relawan memasang terpal dari BPBD Pacitan pada Ahad (21/11/2021). (Foto: Dok. BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan membantu pengiriman terpal dan sandbag atau karung pasir untuk membantu penanganan sementara dampak erosi Sungai Grindulu di Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari.

“Kita baru penanganan masyarakat yaitu dengan membantu sand bag (karung pasir) dan terpal untuk warga terdampak,”kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, saat dikonfirmasi Pacitanku.com pada Senin (22/11/2021) di Pacitan.

Setidaknya ada 4 terpal dan 100 buah sandbag (karung pasir) atau glangsing diberikan kepada warga. Sandbag sebagai penanganan sementara tersebut diharapkan mampu membendung aliran air sehingga menghambat erosi yang mengikis tebing di kawasan itu.

Untuk diketahui, hujan yang mengguyur kawasan Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari pada Sabtu malam mengakibatkan erosi sungai Grindulu yang mengancam puluhan warga yang berada di kawasan tersebut.

Erosi tersebut terjadi akibat peningkatan debit air sungai Grindulu. Sehingga tebing sungai Grindulu tepatnya di Desa Pagutan Kecamatan Arjosari mengalami erosi dan membahayakan rumah warga yang berjarak sekitar 1 sampai 3 meter dari bibir sungai Grindulu tersebut.

Untuk sementara, rumah warga, yakni milik Rusminingsih dan Saroh, warga RT/RW 01/III, Dusun Nguteran, Desa Pagutan, Kecamatan Arjosari dikosongkan.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji sendiri sudah mengecek langsung kejadian erosi tersebut pada Ahad (21/11/2021) malam. (Red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.