5000 Orang MD Karena Kecelakaan, Polres Pacitan Gelar Operasi Zebra Semeru 2021

oleh -Dibaca 806 kali
Giat gelar pasukan untuk laksanakn operasi zebra semeru. (Foto: Julian Tondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Meningkatnya kasus kematian dijalan raya  karena kecelakaan lalu lintas menimbulkan keprihatinan yang sangat mendalam dari banyak masyarakat.

Di Jawa Timur, mulai bulan Januari sampai dengan pertengahan bulan November 2021, tercatat sudah ada sekitar 5 ribu orang meninggal dunia karena Laka lantas.

Meningkatnya angka kasus kematian Laka lantas, dipicu salah satunya karena euforia masyarakat setelah setahun mereka mengalami masa karantina  pembatasan kegiatan akibat COVID-19.

“Data di Polda Jatim ada 5 ribu MD. Ya setelah masyarakat dikarantina kemudian mereka euforia,sehingga lalai akan keselamatan dalam berkendara,”kata kasat lantas polres Pacitan, AKP Budi Setijono, Senin (15/11/2021)

Angka kematian yang sangat signifikan tersebut juga dibenarkan oleh Wakapolres Pacitan Kompol Sunardi. Dalam wawancaranya bersama awak media, Wakapolres Pacitan menegaskan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan dalam berkendara di jalan raya.

Dalam rangka menekan kembali angka kasus laka lantas, Polda Jawa timur kemudian menggelar apel pasukan operasi zebra semeru 2021, yang dilakukan serentak di seluruh Jawa Timur.
Operasi ini menurut rencana akan digelar pada 14 hari kedepan di semua wilayah di Jawa timur, Tanpa terkecuali kabupaten Pacitan.

“Saat ini kami adakan Giat gelar pasukan untuk laksanakn operasi zebra semeru. Tujuannya untuk menekan Laka ,dan menegakkan disiplin berlalu lintas,”jelas Wakapolres Pacitan.

Giat operasi zebra semeru 2021 ini akan diikuti bersama gabungan beberapa elemen lembaga, mulai dari TNI, Damkar, Satpol PP, BPBD, Dinas perhubungan, Dinas kesehatan, dan Senkom.

Operasi zebra semeru, bukan hanya tentang menekan angka Laka lantas, namun juga menitik beratkan pada penekanan perkembangan penyebaran covid -19 yang saat ini masih ada.

Sasaran utama target operasi zebra semeru 2021 adalah masyarakat yang tidak mentaati protokol kesehatan dan yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas .

“Berdasarkan kordinasi di Polda Jatim kemarin memang kasus laka tinggi, asumsinya rata rata perhari ada 5 sampai 10 orang MD, diduga karena mobilitas masyarakat sudah kembali dibuka.dan kami juga menekankan terkait prokes. Karena covid masih ada,”pungkas Wakapolres Pacitan usai pimpin gelar apel pasukan operasi zebra semeru di halaman Mapolresta Pacitan.

Pewarta: Julian Tondo
Editor: Dwi Purnawan