Goa Gong dan Goa Tabuhan Dibuka, Wakili Uji Coba Destinasi Wisata Goa Jawa-Bali

oleh -Dibaca 384 kali
Bupati Aji saat kegiatan pembukaan goa gong pada Kamis (4/11/2021) malam. (Foto: Dok. IG Indrata Nur Bayuaji)

Pacitanku.com, PACITAN – Destinasi wisata Goa Gong dan Goa Tabuhan akhirnya kembali dibuka. Destinasi wisata di Pacitan, ini sempat tutup beberapa bulan, lantaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kini, masyarakat dapat kembali mengunjungi kedua goa tersebut mulai Jumat (5/11/2021) dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Kedua destinasi wisata tersebut merupakan dua destinasi wisata di Pacitan yang secara resmi dibuka merujuk dari Surat Edaran (SE) Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf nomor SE/31/IL.04.00/DII/2021.

Pacitan sendiri masuk kelompok 40 yang melakukan uji coba destinasi level 3 untuk tahap 3. Dipilihnya Pacitan sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 57 tahun 2021 bahwa pada level 3 destinasi wisata yang diuji cobakan adalah destinasi wisata yang tidak berkaitan dengan air.

Selain itu, dipastikan terpilihnya Goa Gong dan Goa Tabuhan untuk uji coba pembukaan tersebut sekaligus mewakili uji coba destinasi goa di Jawa dan Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Pacitan Tengku Andi Faliandra saat tasyakuran pembukaan Goa Gong dan Goa Tabuhan pada Kamis (4/11/2021) malam mengatakan kedua destinasi wisata tersebut wajib memiliki sertifikat (Cleanlinees, Health, Safety and Environmental Sustainability) CHSE.

“Sesuai surat edaran Kemenparekraf ditekankan bagi destinasi wisata yang menjalani uji coba wajib lulus dan mengantongi sertifikat CHSE, wajib menjalankan aplikasi peduli lindungi serta melaksanakan protokol kesehatan ketat,”kata pria yang akrab disapa Andi, mengutip siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Kegiatan tasyakuran yang dihadiri Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho Supardi Putra, Forkopimca dan Pemerintah Desa Bomo tersebut digelar secara sederhana.

Bupati Aji memotong tumpeng tanda dibukanya Goa Gong dan Goa Tabuhan yang merupakan dua destinasi wisata pertama di Pacitan yang secara resmi dibuka. (red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.