BPBD Pacitan Minta Masyarakat Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi Saat Musim Hujan

oleh -Dibaca 584 kali
Kepala BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN — Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan Didik Alih Wibowo meminta masyarakat untuk mulai mewaspadai potensi bencana alam hidrometeorologi saat musim hujan.

Saat ini, peralihan musim kemarau ke musim hujan atau pancaroba sudah mulai terjadi di beberapa daerah. Salah satunya kabupaten Pacitan, sejak sepekan terakhir diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang.

Atas kondisi itu, pria yang akrab disapa Didik ini menghimbau masyarakat agar dapat mempersiapkan diri menghadapi musim penghujan dengan potensi bencananya.

“Kami mengimbau masyarakat Pacitan selalu waspada terhadap potensi-potensi bencana di musim penghujan. Diantaranya bencana Hidrometeorologi, bencana tanah longsor, bencana banjir, pohon tumbang serta ancaman ombak tinggi,”kata Didik saat dikonfirmasi Pacitanku.com melalui sambungan telepon, Selasa (26/10/2021).

Pemerintah, kata Didik, melalui BPBD Pacitan juga telah menyiapkan beberapa persiapan jelang memasuki musim hujan untuk mengantisipasi segala kemungkinan dampak atau potensi bencana.

“Ya kita telah melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan instansi vertikal dan terkait, diantaranya Kodim 0801, Polres Pacitan, Pemerintah daerah, dan dinas terkait persiapan musim penghujan,” papar Didik.

Lebih lanjut, Didik juga menjelaskan jika peran Desa Tangguh Bencana (Destana) juga akan dilibatkan guna menyiapkan adanya kemungkinan bencana saat musim penghujan tahun ini.

“Peran Destana tentu akan kita libatkan bersama, nantinya akan kita koordinasikan bersama instansi terkait lainnya,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.